Pertumbuhan Ekonomi Banyuwangi Lampaui Jatim

0
734

Sektor Akomodasi Melonjak 10,33 persen


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Walau pertumbuhan ekonomi melambat dalam tiga tahun terakhir, tapi rata-rata pertumbuhan ekonomi Banyuwangi dalam lima tahun terakhir lebih tinggi daripada rata-rata pertumbuhan Jawa Timur.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Banyuwangi menunjukkan, rata-rata pertumbuhan Banyuwangi 2010-2014 sebesar 6,59 persen, sedangkan Jatim 6,27 persen. Kepala Bidang Neraca dan Wilayah BPS Provinsi Jatim, Setyowati, mengungkapkan tren sebagian besar pertumbuhan ekonomi daerah dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, mulai tahun 2012 hingga 2014, mengalami perlambatan.

Tren perlambatan  terjadi di hampir semua daerah seluruh Indonesia seiring pelemahan ekonomi di tingkat global. “Jadi,  perlambatan tidak hanya terjadi di Banyuwangi, tapi hampir di semua daerah” kata Setyowati saat  sosialisasi perubahan basis data PDRB di Aula Minak Jinggo beberapa waktu lalu.

Walau mengalami perlambatan, kata Setyowati, sejumlah sektor ekonomi di Banyuwangi justru  mengalami peningkatan signifikan. Pertumbuhan  tertinggi tercatat di sektor akomodasi makanan dan  minuman. Pada tahun 2012 sektor ini tumbuh sebesar  8,39 persen, tahun 2013 8,07 persen, dan tahun 2014  melonjak sebesar 10,33 persen.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last