Petani Kopi Resah Hasil Panen Terus Menurun

0
603


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIBARU – Warga yang tinggal di sekitar kebun di wilayah Kecamatan Kalibaru, kini banyak yang resah. Hasil tanaman kopinya selama lima tahun terakhir terus menurun akibat banyak yang rusak dan sering turun hujan.

Untuk memperbaiki tanaman kopinya itu, warga kini banyak yang melakukan tambal sulam. Tanaman kopi yang rusak, juga dipotong untuk diganti yang baru. “Hasil kopi terus menurun,” cetus Karman, 45, warag Dusun Barurejo, Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru.

Dari 1.250 pohon yang di tanam di lahan satu hekatare, terang dia, di tiap pohon biasanya mendapatkan hasil sekitar satu kilogram. Tapi saat ini, hanya dapat sekitar satu ons. “Hasil yang menurun ini karena factor cuaca,” katanya.

Padahal saat ini, jelas dia, dengan perhitungan harga kopi Rp 26 ribu per kilogram, bila satu pohon bisa mendapatkan satu kilogram, dalam satu hektare bisa mendapatkan hasil minimal Rp 26 juta dengan perhitungan ada 1.000 pohon yang baik. “Kalau panennya normal, hasilnya juga masih kurang bagus,” ujarnya.

Hasil panen Rp 26 juta sekali panen, terang dia, itu masih kotor. Sebab, masih harus di kurangi biaya perawatan sekitar Rp 5 juta. Sehingga, hasil petani hanya Rp 21 juta dan itu dibagi 12 bulan.

“Kalau normal saja penghasilan petani masih kecil, kalau hasil penan jelek semakin kecil lagi,” cetusnya.

Untuk meningkatkan hasil panen kopi, masih kata dia, warga kini getol melakukan peremajaan pohon kopi. Pohon kopi yang berusia lima tahun, diganti karena tidak bisa menghasilkan buah secara maksimal. “Kita tanam lagi pohon kopi, ini panennya ya dua tahun lagi,” katanya.(radar)

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).. KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
07/11/2018
JAKARTA

Baca Juga :