PKB Pastikan Usung Calon Bupati Sendiri

0
218

pkbBANYUWANGI – Jajaran pengurus parpol peraih suara terbanyak kedua tingkat lokal pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya sepakat mengusung calon bupati (cabup) sendiri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banyuwangi 2015 mendatang. Kesepakatan tersebut terjadi saat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Banyuwangi menggelar rapat pleno kemarin (27/12).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sekretaris DPC PKB Banyuwangi, Khusnan Abadi mengatakan, sesuai hasil pleno. DPC PKB Banyuwangi telah bersuara bulat mengusung cabup sendiri pada Pilkada 2015. “Perolehan sepuluh kursi PKB di DPRD Banyuwangi cukup untuk mengusung cabup sendiri. Akan sangat sayang jika itu tidak di manfaatkan,” ujarnya melalui sanrbungan telepon kemarin. Namun demikian, DPC PKB Banyuwangi belum menentukan siapa yang akan diusung menjadi pada pesta demokrasi memilih Bupati Banyuwangi periode 2015- 2020 mendatang.

“Soal siapa yang dicalonkan. Nanti ada mekanismenya,” cetusnya. Khusnan mengatakan ada beberapa alternatif untuk menentukan cabup yang akan diusung parpol berlambang bola dunia sembilan bintang tersebut. Salah satu alternatif yang mungkin digunakan adalah memilih cabup melalui musyawarah kerja cabang (muskercab). Alternatif kedua adalah melalui musyaurarah pimpinan (Mu spim) yang diperluas.

Loading...

“Muspim yang diperluas maksudnya Pengurus Anak Cabang (PAC) dan Pengurus Ranting akan dilibatkan,” kata dia. Menurut Khusnan, rapat kemarin telah memutuskan dirinya di tunjuk sebagai ketua panitia penyelenggara muskercab atau muspim yang diperluas. ini (kemarin) juga kita tindaklanjuti dengan rapat-rapat untuk membahas mekanisme pengusulan cabup. Cabup merupakan usulan masing-masing tingkat ranting dan PAC,” pria yang juga ketua Badan legislasi (Banleg) DPRD Banyuwangi tersebut.

Masih kata Khusnan, pelaksanaan muspim yang diperluas itu bisa dilakukan per daerah pemilihan (dapil), atau bisa juga digelar di kecamatan yang memiliki banyak pengurus ranting. Yang pasti, kata dia, rumusan tersebut akan selesai sepekan ke depan. Dengan demi- kian, sebelum akhir Januari 2015, usulan cabup PKB sudah tuntas. Sebelumnya, hal senada dilontarkan Ketua DPC PKB Banyuwangi, Juni Subagio. Menurut dia, sebagai parpol peraih suara tebanyak kedua tingkat lokal pada Pileg 2014, siap mengusung calon bupati sendiri pada Pilkada Banyuwangi 2015.

Joni mengatakan, perolehan kursi PKB sudah cukup untuk mengusung cabup pada pilbup mendatang. “Tentu sangat naif kalau itu tidak dimanfaatkan,” ujarnya dikonfirmasi disela acara haul kelima almarhum KH. Abdurrahman Wahid di kantor DPC PKB Banyuwangi Selasa lalu (23/12). Ditanya terkait kabar yang beredar bahwa dirinya yang akan diusung PKB pada pesta demokrasi pemilihan kepala daerah Banyuwangi, Joni mengatakan, semua kemungkinan masih terbuka.

“Penentuan cabup yang diusung PKB melalui seleksi yang transparan dan terbuka. Pendaftaran dan penjaringan cabup PKB akan dilakukan pertengahan Januari 2015,” bebenrya kala itu. Joni menegaskan, DPC PKB Kota Gandrung bertekad mengembalikan kekuatan, kemenangan, dan kejayaan PKB di Bumi Blambangan. Menurut dia, hal itu bukanlah hal mustahil lantaran PKB pernah merasakan kemenangan di Banyuwangi. “Saat ini tinggal mengulang kejayaan tersebut. Alhamdulillah saat ini PKB solid,” kata dia. (radar)

Loading...