Program B-Fest 2017 Diluncurkan Hari Ini

0
181

BANYUWANGI – Ajang promosi pariwisata bertajuk Banyuwangi Festival (B-Fest) bakal kembali digeber tahun ini. Selain even besar yang telah menjadi ikon daerah, seperti Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC), B-Fest  2017 juga bakal diwarnai sejumlah even anyar yang  diproyeksi menjadi magnet baru bagi wisatawan.

Peluncuran B-Fest 2017 bakal dilakukan hari ini  (25/1) . Launching B-Fest yang tahun ini memiliki 66 even tersebut bakal dilakukan  Bupati Abdullah Azwar Anas di Desa Banjar, Kecamatan Licin. Bersamaan dengan  pembukaan B-Fest, digelar pula Festival Sedekah Oksigen dan Festival Jeding Rijig (toilet bersih) sebagai  event pembuka di tempat yang sama.

Bupati Anas mengatakan, B-Fest digelar setiap tahun bukan hanya untuk mendongkrak sektor wisata, tetapi sekaligus upaya untuk mewadahi dan menumbuhkan kreativitas rakyat Banyuwangi. “Contohnya tahun ini, kami menggelar even baru, seperti Festival Sastra dan Festival Teknologi Inovatif.

Tujuannya tidak lain untuk merangsang minat anak muda pada sastra dan inovasi teknologi. Kalau di festival-kan, tumbuh perhatian pada dua bidang tersebut,” ujarnya kemarin (24/1). Anas menambahkan, B-Fest 2017 akan menjadi ajang  istimewa bagi industri fashion di Bumi Blambangan.

Betapa tidak, tahun ini ada lima even untuk  memamerkan potensi desainer daerah, mulai dari  ajang Indonesia Fashion Week, Green & Recycle Fashion Week, Kebaya Festival, Banyuwangi Batik Festival, dan Banyuwangi Fashion Festival.

“Kami ingin para pelaku industri fashion Banyuwangi semakin maju, mampu meningkatkan kualitas produknya  sekaligus memperluas jangkauan pasarnya,” kata dia. B-Fest 2017 juga makin semarak dengan hadirnya event-event baru yang menjadi wadah bagi kreativitas  anak muda dan mendorong sektor ekonomi kreatif.Beberapa even baru dimaksud antara lain, Festival  Video Kreatif yang menampilkan potensi tiap desa  dan Festival Dandang Sewu yang menyajikan kreasi  di sentra produksi alat masak.

“Kami ingin B-Fest  menjadi wadah bagi pemberdayaan anak muda dan  ekonomi masyarakat,” cetusnya.  Bukan itu saja, beberapa even baru bertaraf internasional juga akan digeber dalam rangkaian B-Fest  tahun ini. Salah satunya Banyuwangi Sail Yacht Festival.

Sejumlah tradisi asli Banyuwangi juga diakomodasi  pada perhelatan B-Fest 2017. Contohnya Barong Ider Bumi, Seblang, Tumpeng Sewu, Kebo-keboan, hingga  Petik Laut. Selain beberapa kegiatan tersebut, ada  banyak even lain yang bakal digeber di Banyuwangi  tahun ini. (radar)

Loading...