Pungutan Dilarang saat Daftar Ulang

  • Bagikan

pungutanBANYUWANGI – Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi me-warning sekolah-sekolah agar tidak melakukan pungutan selama pro ses daftar ulang. Calon peserta didik baru (PDB) harus dibebaskan dari semua bentuk pungutan. Tidak hanya itu, Dispendik juga melarang se ko lah terlibat dalam pengadaan ke butu han pribadi PDB. Pe ngadaan seragam, buku, dan kebutuhan pribadi siswa, harus di serahkan kepada yang bersangkutan dan orang tua.

“Daftar ulang sama sekali tidak ada biaya sepeser pun,” tegas Kepala Dispendik Ba nyuwangi, Sulihtiyono Proses daftar ulang itu, kata Su lihtiyono, sifatnya hanya proses administrasi. Dalam proses ad ministrasi itu tidak ada kegiatan yang membutuhkan ang garan besar, sehingga tidak diperlukan pungutan. Terkait pengadaan seragam dan buku siswa, pihak sekolah tidak perlu ikut campur.

Pe nga daan seragamdanbuku ha rusdiserahkan kepada siswa dan orang tua siswa untuk me nen tukan sendiri tanpa in ter vensi pihak sekolah. Sementara itu, secara umum daftar ulang berlangsung lancar kemarin (3/7). Ribuan peserta didik mendatangi se kolah masing-masing untuk me lakukan daftar ulang. Berbeda pa da saat PPDB, pelaksanaan daf tar ulang dilakukan secara ma nual.

Masing-masing PDB harus datang ke sekolah dengan membawa sejumlah kelengkapan administrasi. Dalam daftar ulang, pihak se kolah tidak melayani daftar ulang secara online seperti saat pendaftaran. Karena tidak ada daftar ulang online, maka daftar ulang harus dilakukan di se kolah. “Daftar online hanya pada saat PPDB. Daftar ulang di lakukan manual,” timpal Plt Ka bid Pendidikan Menengah Dispendik Banyuwangi, Su ratno.

Proses daftar ulang masih akan berlanjut hari ini (4/6). Hari ini merupakan daftar ulang terakhir bagi calon PDB. Pro ses daftar ulang hari kedua akan ditutup pukul 12.00. Ka rena itu, calon PDB yang be lum melakukan daftar ulang di minta mendaftar sebelum pu kul 12.00. Calon PDB yang tidak daftar ulang hari ini, maka namanya akan dicoret dalam daftar PPDB yang sudah dinyatakan lolos seleksi. Pencoretan nama itu dilakukan karena yang bersangkutan dianggap mengundurkan dari. Peng gan ti calon siswa yang me ngun durkan diri adalah peserta PPDB ja lur mandiri. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: