Ramaikan Tahun Baru dengan Jaranan

0
937

GAMBIRAN – Beragam kegiatan digelar masyarakat untuk memeriahkan hari pertama di tahun 2016. Seperti terlihat di depan  Poskamling UD Mantab Jaya, RT 4, RW 1, Dusun Krajan, Desa Yosomulyo, Kecamatan  Gambiran, Banyuwangi ini.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sejak pagi, warga sekitar tumplek blek menyaksikan pergelaran Kesenian Jaranan,  Campursari Wisnu Kencana. Pergelaran bertambah semakin ramai saat beberapa warga yang ada di lokasi mengalami kesurupan  dan ikut menari-nari.

Salah satu penyelenggara, H. Imam Sembirinx mengatakan, penyelenggaraan kesenian ini atas prakarsa masyarakat di  lingkungan Krajan. Tujuan jaranan ini untuk  mengurangi kegiatan masyarakat saat tahun baru. agar tidak fokus mengunjungi tempat  wisata atau keramaian di tempat lain.

Loading...

“Jaranan ini biar warga sini ada hiburan dan mengurangi risiko jalan-jalan. Saat ini  kan rawan,” tuturnya. Tidak hanya itu, Sembirinx juga memberi tantangan kepada penonton khususnya anak  muda yang berani dan siap menggoda penari  jaranan yang sedang kesurupan.

Penonton yang mau melakukan tantangan itu diberi iming-iming reward khusus. “Kalau anak-anak mau ndadi, saya beri hadiah,” terangnya.  Sementara itu, Eko Wahyudi, 23, salah satu penonton dari Desa Jajag mengaku memilih   menyaksikan jaranan dari pada bepergian saat libur tahun baru kemarin.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2