Ratusan CJH Jalani Manasik

0
128

ratusannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnBANYUWANGI – Sebelum bertolak ke Tanah Suci, sebanyak 261 calon jamah haji (CJH) Banyuwangi mengikuti bimbingan manasik haji, kemarin. Mereka mendapatkan materi pemantapan soal haji oleh KBIH Sabililah di Lapangan Giri. Warna putih mendominasi pakaian para peserta calon jamaah haji ini. Selanjutnya ratusan peserta KBIH Sabilillah yang terdiri dari jamaah kelompok terbang (kloter) 27 menuju Hotel Tanjung Asri untuk mendapatkan materi lanjutan guna pemantapan rangkaian ibadah haji.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan pelepasan peserta CJH KBIH Sabilillah. Ketua KBIH Sabilillah HM. Faisholi Harun mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian konsolidasi antar-peserta CJH dan petugas haji. “Mansik ini untuk pemantapan ulang agar ketika sampai di Tanah Suci benarbenar siap dan solid,” kata Faisholi.Lebih lanjut Faisholi menjelaskan, meski peserta CJH pemberian bimbingan tata cara ibadah haji merupakan pelayanan dari KBIH untuk memberikan pembinaan yang sebaik-baiknya. 

Loading...

Ini agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan nyaman sesuai dengan tuntunan agama. Selain itu jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri sehingga predikat haji yangmabrur. Pelayanan tidak hanya diberikan di dalam negeri saja, tapi juga ketika sudah tiba di Tanah Suci. “Untuk mempermudah pelayanan ketika di Tanah Suci, kami dibantu warga Indonesia  yang tinggal di Makkah,” kata Faisholi. Partner KBIH yang berada di Mekah bisa membantu handling staf atau back up perjalanan.

Menurut Faisholi, sebelum melaksanakan ibadah haji yang sesungguhnya KBIH akan melakukan gladi kotor di Tanah Suci nanti. Pengenalan medan pada tiap jamaah juga ditekankan agar tidak ada jamaah yang tercecer atau ketinggalan saat pelaksanaan ibadah. Salah satu program pelayanan non- pemerintah yang diberikan kepada CJH adalah memberikan tour dan ziarah ke titik-titik sejarah dan kebudayaan Islam di Makkah. “Kami manfaatkan waktu longgar saat di Makkah nanti untuk mengunjungi tempat sejarah dan kebudayaan Islam di sana,” jelas Faisholi. (radar)

Loading...