Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Rawat Jalan Sedang Disabet Kebaman

KEBAMAN – Seiring peringatan hari HUT RI ke-68 ini menjadi momen bersejarah bagi Puskesmas Kebaman. Puskesmas dengan semboyan Puspita Palupi (Puskesmas Pilihan Kita,Pandai dalam berfikir, arif dalam memutuskan, luhur dalam bersikap, unggul dalam prestasi, peka terhadap situasi, ikhlas dalam berkarya) itu menorehkan tinta emas sebagai puskesmas terbaik dalam Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) kategori Puskesmas Rawat Jalan Sedang.

Puskesmas yang sudah beberapa tahun terakhir tidak pernah mendapat penghargaan itu kini mulai bangkit dan berbenah. Puskesmas Kebaman merupakan puskesmas tertua di Kecamatan Srono. Bentuk bangunan yang mungil dan gedung yang sudah tua tidak menghalangi para pegawai untuk terus melayani masyarakat, berkarya, dan menorehkan prestasi.Kegiatan mulai dari rawat jalan di Balai Pengobatan (BP), KIA dan gigi berjalan dengan lancar dan bagus.

Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil polling yang ditaruh di depan setiap layanan, ternyata 87% pasien mengatakan puas dengan layanan yang dilakukan oleh petugas puskesmas. Kepala Puskesmas Kebaman, Endang Sri utami mengatakan, tidak ada kiat-kiat khusus terkait keberhasilan puskesmas yang dipimpinnya meraih penghargaan. “Semua ini berkat kinerja temanteman. Saya ini hanya fasilitator saja. Yang penting terus kompak, dan konsisten pada tugas masingmasing.

Semua pasti berjalan dengan baik,” katanya. Karena itu, Endang mengucapkan terima kasih kepada semua karyawan dan karyawati Puskesmas Kebaman atas kebersamaan dan perjuangannya. Juga kepada Dinas Kesehatan yang telah membina dan membimbing puskesmas ini. Sehingga bisa menjadi lebih baik. “Tidak lupa kepada masyarakat Kecamatan Srono yang telah mendukung semua programprogram puskesmas,” imbuhnya.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan, sekaligus Plt. Kepala Bidang PKF Dinas Kesehatan, dr. Kurnianto mengatakan, setiap tahun pihaknya mengadakan Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) dan PuskesmasberHati MP3 (Bekerja dengan Hati menuju Peningkatan Pelayanan Publik). “Dan Puskesmas Kebaman kali berhasil menorehkan tintas emas sebagai juara pertama Lomba PKP setelah beberapa tahun hanya masuk di posisi sepuluh besar.

Kebaman memang layak mendapatkan  prestasi itu. Karena dari hasil penilaian kami banyak nilai plus yang didapatkan di Puskesmas Kebaman, katanya. Dikatakan, puskesmas adalah layanan terdepan yang menjadi ujung tombak program kesehatan pemerintah. Sehingga dengan adanya lomba dan atau kompetisi antar puskesmas ini, diharapkan dapat memicu adanya inovasiinovasi dalam upaya mencapai peningkatan derajat kesehatan masyarakat. “Oleh karena itu, diharapkan semua puskesmas tetap terus ber-Inovasi untuk menjadi pelayanan kesehatan terdekat dan terdepan di masyarakat,” pungkas Kurnianto. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE