Sakit Parah, Nenek Asal Klatak Ini Enggan Dirawat di Rumah Sakit

0
529
Maskupa tergolek lemah di atas tempat tidur rumahnya di Lingkungan Tanjung, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro.

KALIPURO – Maskupa, 48, warga Jalan Solong, Lingkungan Tanjung, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, hanya bisa tergolek lemah di atas tempat tidur. Sudah tujuh bulan dia menderita penyakit diabetes akut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pihak pemerintah Kelurahan Klatak dan juga organisasi kemanusiaan Klatak Peduli Sosial (KPS) sudah membujuk Maskupa. Namun sayang, perempuan itu menolak ajakan pihak kelurahan dan KPS. “Kami tetap berusaha membujuk Maskupa agar bersedia dirawat di Rumah Sakit (RS). Kami tidak tega melihat keadaannya semakin memburuk seperti itu,” ujar Lurah Klatak Candra Tistiyono.

Loading...

Pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, tubuh Maskupa terlihat kurus kering dan tidak berdaya. Untuk buang air, dia harus dipapah karena tidak sanggup berjalan. Maskupah mengaku takut tambah sues bila dirinya dibawa ke rumah sakit. “Saya tidak mau ke rumah sakit. Karena biasa di rumah dan tidak mau menginap di rumah sakit,” ungkap Maskupa.

Ketua KPS Malkah Aini Mufidha mengatakan, penderita diabetes itu didatangi setiap Jumat bersama dengan tim medis Puskesmas Klatak. Mereka melakukan pengecekan kesehatan Maskupa serta memberikan obat diabetes. Selain itu, kami beri antibiotik untuk menyembuhkan lukanya.

“Kami beserta tim langsung datang ke rumah penderita diabetes. Penderita tetap tidak mau kami bawa ke rumah sakit. Kami akan terus berusaha membujuknya sampai Maskupa mau di bawa ke rumah sakit untuk dilakukan pengobatan secara intensif,” papar Malkah.

Selain diberikan pengobatan secara teratur, keluarga Maskupa yang miskin juga diberikan bantuan sembako. “Kami mengalah karena Maskupa tetap kukuh dengan pendiriannya tidak mau di bawa ke rumah sakit. Kami juga terus memantau kesehatannya dan mengecek gula darahnya setiap pekan,” tandas Malkah.(radar)

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/22/2018
jakarta