Saluran Irigasi Tersumbat, Ratusan Petani Terancam Gagal Tanam

0
233


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Gara-gara saluran irigasi tersumbat, ratusan petani di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, terancam gagal tanam.

Kepala Desa Sumberarum, Ali Nurfatoni mengatakan, saluran irigasi tersumbat material yang terbawa banjir bandang beberapa waktu lalu. Bangunan irigasi yang tersumbat sepanjang 100 meter. Titik itu berada di bantaran sungai Badeng.

“Kami sudah pernah perbaiki DAM yang rusak agar air bisa mengalir ke persawahan, ternyata air tetap tidak bisa mengalir karena salurannya tersumbat material banjir” jelasnya, Senin (30/7/2018).

Akibatnya, para petani mulai resah mengingat saat ini sudah memasuki musim tanam. Sebenarnya, masyarakat sudah bergotong-royong untuk membersihkan sidemen dengan cangkul dan sekop. Namun, upaya yang dilakukan itu tidak maksimal.

“Materialnya sudah kadung keras, cangkul tak sanggup,” tambahnya.

Hingga hari ini, pihaknya terus berupaya untuk mencari bantuan alat berat untuk mengangkat material yang memenuhi saluran irigasi. Tujuannya, lahan pertanian yang luasannya sekitar 400 hektar itu segera kembali bisa ditanami.

“Kapan hari ada tim dari tambang emas tumpangpitu (Banyuwangi) datang untuk survei. Namun belum ada kabar lagi,” pungkasnya.

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/22/2018
jakarta

Baca Juga :