Simak Aturan sebelum Mengerjakan

0
161

SEMENTARA itu, sebanyak 22.365 orang siswa SMP/MTS dan kejar paket B akan melaksanakan ujian nasional (unas) pagi ini (22/4). Sebelum mengerjakan soal, peserta dianjurkan untuk memahami semua aturan dan prosedur operasional standar (POS) unas. Pelaksanaan unas SMP/MTS tahun ini, berbeda dengan pelaksanaan tahun 2012 silam. Jika tahun lalu, naskah soal terpisah dengan lembaran jawaban unas (LJUN). Pada unas tahun ini, naskah soal jadi satu atau melekat dengan LJUN.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Karena itu, peserta unas harus memastikan jika naskah soal terpisah dengan lembaran LJUN, mereka harus minta ganti sebelum mengerjakan soal. Lembaran LJUN baru bisa dipisah, setelah peserta mengisi identitas pada lembaran naskah dan LJUN. “Sebelum mengerjakan soal, peserta harus menyimak baik-baik aturan yang akan disampaikan setiap pengawas ruangan,” pinta Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiyono.

Sebelum membagikan naskah soal, masing-masing pengawas ruangan akan membawa aturan teknis pelaksanaan unas. Karena itu, peserta harus tunduk pada aturan yang sudah ditetapkan Pelanggaran sekecil apa pun, kata Sulihtiyono, harus dihindari peserta unas. Sebab, kalau peserta unas mengabaikan aturan yang sudah ditetapkan akan berdampak pada pelaksanaan unas yang diikutinya. Pelanggaran peserta unas mulai dari pelanggaran ringan hingga pelanggaran berat.

Loading...

Masingmasing pelanggaran ada sanksi yang harus ditanggung peserta. Untuk itu, peserta harus menghindari bentuk pelanggaran apa pun yang dapat menyebabkan pelaksanaan unas. Peserta unas diminta mengedepankan kejujuran dalam mengerjakan soal unas. Naskah soal yang diterimanya, harus dikerjakan sendiri tanpa berharap bantuan dari siapa pun. “Konsentrasi dan berdoa sebelum mengerjakan soal-soal,” harap Sulihtiyono.

Sebelum berangkat, peserta unas juga diminta untuk mengecek kelengkapan alat-alat ujian. Pastikan, semua peserta setelah di ruangan tidak kekurangan perlengkapan ujian apa pun. Selain Siswa SMP/MTs, hari siswa sekolah dasar (SD) kelas VI juga akan melangsungkan ujian sekolah (US). Ujian siswa SD ini akan berlangsung selama empat hari, mulai Senin hingga Kamis mendatang. Selama berlangsungnya ujian sekolah siswa kelas enam, siswa kelas satu hingga lima diliburkan selama empat hari. Ujian sekolah ini merupakan salah satu syarat lulusnya siswa kelas enam untuk melanjutkan pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP). (radar)

Loading...