Siswa Protes Mutasi Guru

0
183

protesBentang Poster untuk Gandoli Guru


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GLENMORE – Para siswa SMAN 1 Glenmore bergolak. Mereka menggelar unjuk rasa di halaman sekolahnya kemarin pagi. Dalam aksinya itu, ratusan siswa memprotes mutasi guru yang dilakukan Dinas pendidikan (Dispendik) Kabupaten Banyuwangi. Dengan membentangkan poster, para siswa menolak salah satu gurunya, Wiyono, dipindah ke sekolah lain. Mereka menuntut guru kesayangannya itu tetap dipertahankan.

“Kami ingin Pak Wiyono tetap mengajar kami,” teriak salah satu siswa. Unjuk rasa yang dilakukan para siswa itu dimulai sekitar pukul 07.00. Saat bel berbunyi sebagai tanda masuk kelas, para siswa menolak masuk kelas. Mereka berkumpul di halaman sekolah sambil membentangkan poster berisi protes atas pemindahan Wiyono. Di antara poster yang diusung siswa itu tertulis, “Kembalikan Pak Wiyono, Kami Sayang Pak Wiyono Wali Kelas Kami, dan Pak Wiyono Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. 

Loading...

“Kami ingin Pak Wiyono dikembalikan ke sini dan tetap di sini,” ujar Pandu, salah seorang siswa. Aksi yang dilakukan para siswa itu baru berakhir setelah seorang guru, Lilik, menemui dan menyampaikan bahwa Wiyono urung dimutasi. Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi telah membatalkan mutasi guru itu ke SMAN Darussholah. “Pak Wiyono tetap berada di SMAN 1 Glenmore,” terang Lilik yang langsung disambut tepuk tangan para siswa.

Kepala SMAN 1 Glenmore, Winoto, saat dikonfirmasi mengatakan sejak 11 Agustus lalu memang ada surat keputusan dari Plt. Kepala Dispendik Dwi Yanto yang menyebutkan Wiyono dan beberapa guru lain di Kabupaten Banyuwangi dimutasiDalam mutasi itu, terang dia, salah satu guru SMAN 1 Glenmore, Wiyono, dipindah ke SMAN Darussholah, Singojuruh. Sebagai penggantinya, salah satu guru di SMAN Darussholah, Asmuni, masuk ke SMAN 1 Glenmore. 

“Rotasi guru itu bukan hanya dilakukan terhadap guru di SMAN 1 Glenmore, tapi juga guru sekolah lain,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.Sejak Senin (15/9), lanjut kasek, Asmuni sebagai guru pengganti Wiyono sudah masuk ke SMAN 1 Glenmore dan sudah berkenalan dengan para siswa di kelas XII. Masuknya Asmuni itu menyebabkan siswa tahu bahwa guru kelasnya, Wiyono, dipindah ke SMAN Darussholah.

Puncaknya para siswa menggelar unjuk rasa dan meminta Wiyono dipertahankan di SMAN 1 Glenmore. “Tapi akhirnya ada solusi. Tadi saya kontak ke dinas pendidikan dan dapat jawaban Pak Wiyono tetap di SMAN 1 Glenmore dan Pak Asmuni tetap di SMAN Darussholah,” ungkapnya. (radar)

Loading...