Soal Tiba Sesuai Jadwal

0
149

soallBANYUWANGI – Setelah sukses melaksanakan ujian nasional (unas) tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/ SMK, kini Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Banyuwangi menyiapkan pelaksanaan unas untuk para siswa kelas VI SD/MI. Unas tingkat SD/MI yang akan di mulai Senin (6/5) hingga Rabu (8/5) mendatang tersebut, kini persiapannya sudah rampung. Semua naskah unas yang dicetak di Surabaya sudah tiba di Kabupaten Banyuwangi kemarin malam.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Tadi malam (kemarin) semua naskah unas tingkat SD sudah tiba,” terang Ke pala Bidang (Kabid) TK/SD Dinas Pen didikan (Dispendik) Banyuwangi Hamami. Menurut Hamami, naskah unas yang diantar mobil boks itu tiba di Banyuwangi sekitar pukul 21.00. Demi menjamin keamanan dan kerahasiaan, semua naskah unas itu sementara disimpan di Mapolres Banyuwangi.

“Disimpan di polres sampai Sabtu besok (hari ini),” katanya. Semua naskah unas yang dikirim dari percetakan di Surabaya itu, jelas dia, dimasukkan dalam ratusan dus berukuran besar Lembar soal dan lembar jawaban sudah dimasukkan map ber dasar kelas dan sekolah. “Kita bongkar dus hanya untuk memilah,” ujarnya. Sejumlah panitia unas yang di dampingi petugas kepolisian tampak sibuk memilah naskah unas yang masih dikemas dalam dus besar.

Loading...

Pemilahan itu dilakukan berdasar sub ra yon atau kecamatan. “Kita pi lah berdasar sub rayon. Sub rayon itu tingkat kecamatan,” ungkapnya. Setelah dipilah, lanjut dia, tampaknya tidak ada ke ku rangan naskah. Artinya, naskah yang dikirim dari Surabaya itu su dah sesuai jumlah para siswa yang akan mengikuti unas. “Kita cek dan evaluasi, naskah su dah pas,” sebutnya.

Untuk menjaga kekurangan naskah, terang dia, dalam amplop yang berisi soal dan lembar jawaban itu, sudah ada soal dan lembar jawaban tambahan. “Mudah-mudahan tidak ada masalah dalam pelaksanaan ujian nanti,” katanya. Menurut Hamami, unas yang akan dilaksanakan tersebut bukan hanya  untuk siswa SD/MI. Kata dia, ujian tersebut juga akan diikuti para siswa SDLB dan peserta Kejar Paket A. “Naskah untuk siswa SDLB dan Kejar Paket A menjadi satu dan diamankan di polres,”  ungkapnya.

Ditanya terkait jumlah peserta unas SD/MI kali ini, Hamami menyebut peserta unas SD 22.786 siswa, dan peserta dari MI berjumlah 4.943 siswa. “Peserta dari SDLB hanya 27 siswa, dan Kejar Paket A sekitar 90 siswa,” bebernya. Semua naskah yang disimpan di Mapolres Banyuwangi itu akan dikirim ke sub rayon Sabtu ini. Sebelum diujikan, naskah unas itu disimpan di polsek. “Be sok (hari ini, Red) semua naskah akan dikirim ke polsekpolsek,” ujarnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :