Status Ijen Turun Setingkat

0
381

Dari Level III Turun  Menjadi Level II


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung akhirnya menurunkan status Gunung Ijen. Penurunan status dari siaga (level III) menjadi waspada (level III) itu dilakukan menyusul turunnya temperatur kawah gunung dengan ketinggian 2,386 meter dari permukaan laut (dpl) tersebut.

Alasan lain, sebulan terakhir intensitas kegempaan vulkanik, baik gempa vulkanik dalam, gempa vulkanik dangkal, maupun tremor vulkanik, di gunung yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso itu relatif menurun. Dikonfirmasi melalui sambungan telepon kemarin (14/5), Kepala Sub Bidang Pengamatan PVMBG, Hendra Gunawan mengatakan, penurunan status Gunung Ijen diberlakukan sejak pukul 20.00 Minggu (13/5).

“Sebulan terakhir aktivitas kegempaan Gunung Ijen relatif turun, tapi saat itu temperatur kawah masih tinggi. Penurunan status kami berlakukan setelah temperatur kawah konstan menurun sebulan terakhir,” ujarnya. Dijelaskannya, temperatur air kawah pada kedalaman lima meter menunjukkan penurunan dari 46 derajat Celcius menjadi 38 derajat Celcius.

Loading...

“Pengukuran deformasi tampak bervariasi, tapi lebih dominan karena variasi harian, bukan dari efek inflasi atau defleksi dari tubuh Gunung Ijen,” jelas Hendra Gunawan. Meski saat ini gunung yang diklaim memiliki panorama kaldera yang luas dan paling memesona di dunia tersebut sudah mengalami penurunan status, PVMB tetap merekomendasikan agar warga tidak memasuki wilayah yang berjarak sejauh satu kilometer (km) dari pusat kawah aktif gunung tersebut.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2