Studi Kelayakan Terminal Terpadu Ketapang Dimulai

0
365

BANYUWANGI – Rencana pembangunan terminal terpadu di Ketapang mulai dikonkretkan. Pada perubahan APBD 2012 sudah dianggarkan dana untuk feasibility study (FS) alias studi kelayakan pembangunan terminal yang menghubungkan berbagai moda transportasi itu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Saat ini, studi kelayakan tersebut sedang berlangsung. Jika hasilnya memungkinkan dan layak, maka dalam APBD 2013 akan disusulkan anggaran pembuatan detail engineering design (DED) terminal terpadu. “FS itu kita (Bappeda, Red) yang melakukan. Anggaran DED menunggu hasil FS,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Banyuwangi, Agus Siswanto, Minggu lalu (2/12).

Menurut Agus, pemkab serius membangun terminal terpadu di Ketapang. Rencananya, terminal terpadu itu akan dibangun di atas lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). “Terminal terpadu itu akan dibangun di dekat Stasiun KAI Banyuwangi Baru di Desa Ketapang,” jelasnya. Terkait lokasi pembangunan itu, kata Agus, hingga saat ini belum ada kesepakatan dengan pihak PT KAI.

Loading...

Walau demikian, PT KAI mendu kung upaya pemerintah daerah membangun terminal ter padu itu. Pihak PT KAI sudah menyatakan siap kerja sama dalam pembangunan itu. Namun, bentuk konkret kerja sama itu belum ada kesepakatan. “Tapi kami optimistis, pembangunan terminal ter padu akan terealisasi. Di DKI Jakarta, aset PT KAI bisa dikerjasamakan,” katanya. Pemkab akan action setelah stu di kelayakan itu rampung dan hasilnya diketahui secara jelas.

Jika pembangunan terminal terpadu bisa diwujudkan, maka penumpang kapal, kereta api, dan bus, tidak perlu susah lagi. Penumpang kapal pe nyeberangan dari Bali bisa memilih transportasi lanjutan yang akan digunakan; bisa bus, bisa pula KA. Sebab, nanti lokasi ke dua moda transportasi itu berdekatan. Saat ini, meski sama-sama berada di Desa Ketapang, terminal ke tiga moda transportasi itu berjauhan. Terminal bus bera da di Lingkungan Kapuran, sedangkan stasiun KA dan pelabuhan penyeberangan ada di Lingkungan Ketapang. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2