Tahun Baru Muharam, Warga Dadapan Gelar Selamatan 1000 Ancak

0
945
Warga Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, menggelar selamatan untuk memperingati Tahun Baru Muharam 1439 H, Kamis lalu (21/9)
Warga Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, menggelar selamatan untuk memperingati Tahun Baru Muharam 1439 H, Kamis lalu (21/9)

KABAT – Puncak peringatan tahun baru Muharam 1439 Hijriah di Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, diperingati warga setempat dengan menggelar selamatan 1.000 Ancak, Kamis malam (21/9). Sebelumnya, acara diisi dengan kegiatan Khotmil Qur’an bertema “Dadapan Mengaji”.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Berbeda dari kegiatan tahun sebelumnya. Selamatan Muharam kali ini dipusatkan di sepanjang jalan desa. Warga dikoordinasi ketua RT melaksanakan selamatan di jalan depan rumah masing-masing.

Loading...

Ketua Panitia, Achmad Rosidi menjelaskan, selamatan Muharam biasanya dipusatkan di balai desa. Namun, untuk tahun ini selamatan dilaksanakan di jalan desa atas permintaan dan keinginan masyarakat. “Warga ingin turut serta dalam prosesi selamatan dan Alhamdulillah sangat guyub dan kompak,” jelasnya.

Dalam selamatan kali ini, masing-masing rumah menyediakan satu Sego Ancak yang dihidangkan bersama-sama dan disantap bersama usai ibadah salat Magrib. Menurut Sekretaris Desa Dadapan, Mohammad Ilham, jika dihitung dari jumlah kepala keluarga, dipastikan lebih dari seribu ancak yang dihidangkan untuk menyambut tahun baru Muharam 1439 Hijriah. “Semua bisa terlaksana atas peran dan swadaya masyarakat untuk menggelar selamatan dengan meriah dan khidmat,” jelas Ilham.

Sementara itu, Kepala Desa Dapapan, Siti Kholiswatin menjelaskan, makna selamatan Seribu Ancak Muharam selain untuk menyambut datangnya tahun baru Islam 1439 Hijriah adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar warga.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2