Tambah Tinggi 1,2 Meter

  • Bagikan

BANYUWANGI – Kerusakan ruas jalan nasional di Banyuwangi segera diperbaiki. Pemerintah pusat sudah megalokasikan
anggaran sebesar Rp 49 miliar untuk recovery ja lan nasional. Kepastian anggaran Rp 49 miliar itu diperoleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Banyuwangi dari Balai Besar Bina Marga Wilayah V Jawa Timur di Sidoarjo Tahun 2013 ini Banyuwangi mendapat jatah anggaran perbaikan jalan sebesar Rp 49 mi liar,” ungkap Kepala Dinas PU BMCKTR Banyuwangi, Mudji ono, kemarin (5/2).

Hasil koordinasi dengan Balai Be sar Bina Marga Wilayah V, kata Mudjiono, anggaran itu di bagi menjadi dua. Anggaran se besar Rp 30 miliar akan digu nakan memperbaiki jalan na sional wilayah selatan dan Rp 19 miliar untuk perbaikan jalan di wilayah utara. Jalan di Banyuwangi Se latan yang akan diperbaiki terhitung dari perbatasan Jember hingga perbatasan Keca matan Srono-Rogojampi. Ang garan Rp 30 miliar itu akan di gunakan memperbaiki jalan di empat titik, yakni di ruas ja lan Genteng Kulon hingga per batasan Jember sepanjang 5,5 kilometer (Km), ruas Srono-Muncar sepanjang 2 Km, ruas jalan Benculuk-Rogojampi sepanjang 4,6 Km; dan ruas jalan Genteng-Benculuk sepanjang 2 Km.

Juga ada penggantian gorong-gorong dengan box cul vert di Kecamatan Genteng. Itu untuk mengatasi genangan air,” jelasnya. Sementara itu, anggaran Rp 19 miliar akan digunakan mem perbaiki jalan di wilayah uta ra mulai Bajulmati hingga Ke camatan Rogojampi. Fokus perbaikan jalan di wilayah uta ra, kata Mudjiono, ada di tiga titik;ruas jalan Watu do dol sepanjang 2,15 Km, ruas Jalan Gatot Subroto (de pan pelabuhan ASDP) sepan jang 1,5 Km, dan ruas jalan Banyuwangi-Rogojampi sepanjang 3,15 Km. Fokus perbaikan jalan di wilayah utara adalah pelebaran jalan.

Ruas jalan Watudodol sepan jang 2,15 Km akan di lebarkan menjadi 11 meter dari sebelumnya hanya tujuh meter. Khusus ruas Jalan Gatot Su broto, Ketapang, fokus ke giatannya  selain pelebaran adalah meninggikan badan jalan. Meninggikan badan jalan, tu juannya agar tidak terjadi ge nangan air saat hujan. Jalan depan pelabuhan akan d i tinggikan menjadi 125 cm dengan lebar 11 meter. “Prioritas utama adalah kegiatan di de pan Pelabuhan ASDP,” jelas Mudjiono. Fokus kegiatan di ruas jalan Ba nyuwangi-Rogojampi sepanjang 3,15 Km adalah pe lebaran jalan dari tujuh meter menjadi 11 meter.

Semua pro yek 2013 itu sudah selesai di tender, tinggal menunggu pelaksanaan,” katanya. Anggaran Rp 49 miliar yang mengucur itu merupakan anggaran yang berasal dari APBN induk. Dalam APBN perubahan, Pemkab Banyuwangi akan mengusulkan lagi beberapa anggaran. Untuk diketahui, dalam pemba hasan anggaran APBN 2013 lalu, Bupati Abdullah Azwar Anas mengusulkan anggaran Rp 125 miliar untuk perbaikan ja lan nasional di Banyuwangi. Dari usul itu, anggaran yang me ngucur sebesar Rp 49 miliar. Dalam pembahasan APBN pe rubahan, akan disampaikan usul memperbaiki jalan nasional lagi di Banyuwangi. “Masih ada kesempatan untuk da pat anggaran lagi. Kita akan ngamen lagi ke Jakarta,” tambah Mu djiono. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: