Tanaman Padi Rusak Diserang Hama Tikus

0
677


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

TEGALDLIMO – Para petani di Desa Kendalrejo dan Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo dirundung pilu. Tanaman padi yang akan segera dipanen, kini banyak yang rusak gara-gara ada serangan tikus. Akibatnya, mereka rugi besar karena gagal panen kemarin (7/3).

Serangan tikus pada tanaman padi itu, beberapa pekan terakhir merajalela dan itu membuat tanaman banyak yang mati. Para petani sebenarnya sudah mengantisipasi menggunakan racun, tapi tetap tidak mempan. Kawanan tikus tetap menyerang dengan memakan akar dan batang tanaman padi hingga habis.

Loading...

Dari pantauan Jawa Pos Radar Genteng, serangan hama tikus itu terlihat jelas. Tanaman padi milik sudah banyak yang berserakan dan ditemukan banyak sarang tikus. Para petani ada yang memilih  membiarkan sampai mati. Tapi, ada pula yang memotong tanaman itu dibuat pakan sapi.

Salah satu petani, Tugi, 50, asal  Dusun Kutorejo, Desa Kalipait,  Kecamatan Tegaldlimo mengatakan terpaksa memotong padi miliknya  karena sudah tidak bisa diharapkan lagi. Tanaman padi yang seharusnya  bisa dipanen sebulan lagi, kini telah rusak akibat serangan tikus.

“Tanaman padi rusak, mending  dibabat (dipotong) untuk pakan sapi. Kalau dibiarkan malah membuat sedih,” kata sambil memotong  tanaman padi bersama adiknya, Yahman, 42. Tanaman padi milik Tugi itu  luasnya sekitar seperempat hektare. Dari tanaman seluas itu, semuanya rusak dan tidak ada yang bisa diselamatkan.

“Dari awal sampai  perawatan, sudah habis Rp 3 juta lebih,” ungkapnya. Tapi bila ditotal mulai membeli benih, tanam, dan biaya operasional, maka kerugian mencapai  puluhan juta rupiah. “Petani lain yang mengalami nasib seperti ini  sangat banyak, petani pusing serangan tikus menggila,” kata Yahman, adik Tugi.

Yahman menyebut serangan tikus  itu juga terjadi di persawahan yang  ada di Desa Kendalrejo. Tanaman padi milik saudaranya juga rusak akibat serangan tikus. “Punya saudara saya itu ada yang setengah hektare rusak, penyebabnya serangan tikus juga,” cetusnya. (radar)

Loading...

Baca Juga :