Tekan Angka Kecelakaan Mudik, Dishub Banyuwangi Gelar Ramp Check Lebih Awal

0
220


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Untuk menekan angka kecelakaan saat mudik Lebaran, Dinas Perhubungan mulai menggelar pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) angkutan umum di Terminal Brawijaya, Kamis (24/5/2018) sore.

Pemeriksaan digelar lebih awal dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kali ini pemeriksaan meliputi, pengecekan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), buku uji, kartu pengawasan, dan fungsi kendaraan seperti fungsi rem, fungsi Wiper kaca, tekanan kedalaman alur ban, fungsi lampu rem, dan lampu kota.

Sebelumnya petugas mencocokkan nomor rangka, nomor mesin, dan nomor uji, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan visual. Ini untuk memberikan rasa aman kepada para pemudik.

“Ini semua untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang ketika di perjalanan,” ujar Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan Banyuwangi Hendra Lesmana.

Pada Ramadan kali ini, jelas Hendra, Dishub menggelar pemeriksaan di setiap terminal. Dia berpesan agar para pengemudi mengedepankan keamanan selama berkendara. Terutama bagi kendaraan yang melayani perjalanan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Rencananya, Dishub bersama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur dan Subdenpom V/3-3 Banyuwangi akan mengintensifkan pemeriksaan pada tujuh hari sebelum dan setelah Lebaran. “Ini dilakukan untuk memantapkan kesiapan kendaraan agar selamat dalam perjalanan,” jelasnya.

Kepala Seksi Penguasaan dan Pengendalian Operasi (Kasi Pen Dal Ops) Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur I Made Pasek Suparta melalui Koordinator Terminal Brawijaya Nurhadi mengatakan, kegiatan pemeriksaan tersebut akan terus diintensifkan hingga H-10 hari raya Idul Fitri.

“Setelah semua kendaraan dilakukan ramp check, baru akan kami berikan tanda dengan stiker khusus untuk angkutan Lebaran. Sehingga para pemudik sudah bisa membedakan kendaraan yang laik jalan dan tidak,” tandasnya.

Dengan dilakukan ramp check kendaraan tersebut akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik yang menggunakan moda transportasi darat. “Minimal tidak sampai terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan. Selain itu, tingkat fatalitas kecelakaan juga berkurang,” tandasnya.

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/22/2018
jakarta

Baca Juga :