Minimalisasi Kecelakaan di Jalur Ijen, Dishub Banyuwangi Pasang Cermin Cembung di Tikungan

0
764
Ilustrasi

BANYUWANGI – Kecelakaan lalu lintas sering terjadi di sepanjang jalur jalan raya Gunung Ijen. Bahkan, sering kali kecelakaan itu mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Untuk meminimalisasi kejadian serupa, Dinas Perhubungan Banyuwangi memasang cermin cembung pada jalan raya menikung.

Rambu cermin cembung itu dipasang mulai dari Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Glagah, hingga ke Paltuding, Kawah Ijen. Pemasangan cermin cembung tersebut merupakan salah satu langkah untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan lalu lintas pada jalan menikung.

Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Kusiyadi mengatakan, pihaknya telah melakukan pemasangan rambu jalan berupa cermin cembung pada setiap tikungan di sepanjang jalur menuju Gunung Ijen. Pemasangan cermin cembung tersebut bukanlah tanpa alasan.

Sepanjang jalur menuju gunung yang memiliki ketinggian 2.386 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut, medan jalannya berkelok dengan tikungan cukup tajam. Belum lagi dengan medan jalan yang menanjak dan menikung. Sebelah kanan dan kiri jalan juga jurang dan perbukitan. ”Jumlahnya kami lupa, tapi sudah kami pasang rambu-rambu kok,” katanya.

Pemasangan cermin cembung tersebut diharapkan memudahkan pengendara motor dan mobil. Setidaknya bisa membantu pengendara untuk melihat atau mengetahui kendaraan yang akan hendak melintas dari arah berlawanan saat di tikungan.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
KM Victori Utama Terbakar di Pelabuhan Tanjungwangi, Kerugian Capai Rp 2 M