Terminal Green Airport Operasi April

0
597

BANYUWANGI – Terminal baru Bandara Blimbingsari bakal beroperasi April mendatang. Untuk merealisasikan rencana  tersebut, tim Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dipimpin Direktur Bandara pada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Yudhi Sari Sitompul, melakukan tinjau  lapang ke Banyuwangi kemarin (20/1).

Yudhi mengatakan, kedatangannya ke Banyuwangi dalam rangka melakukan pengecekan kesiapan operasional terminal Bandara Blimbingsari. Setelah  melihat kondisi terminal yang  mengambil konsep green airport ini, Yudi menargetkan terminal siap beroperasi pada April  mendatang  Yudhi kagum terhadap desain terminal bandara yang dibangun oleh Pemkab Banyuwangi tersebut.

Menurut dia, Bandara Blimbingsari merupakan satu-satunya airport di tanah air yang mengusung konsep Indonesian style. “Luar biasa. Desain terminal bandara tersebut mengusung kearifan lokal. Layak jadi percontohan bandara-bandara lain,” ujarnya dikonfirmasi usai bertemu Bupati Abdullah Azwar Anas di  kantor Pemkab Banyuwangi.

Yudhi menuturkan, dirinya bersama tim datang ke Bumi Blambangan untuk mengecek  kesiapan pengoperasian terminal baru yang atapnya mengusung konsep udeng khas Suku Oseng tersebut. “Kami bicara dengan Bupati. Pengoperasian terminal baru Bandara Blimbingsari dilakukan April mendatang,” akunya.

Menurut Yudhi, tidak banyak kekurangan yang harus dilengkapi sebelum terminal baru Bandara Blimbingsari tersebut  dioperasikan. Karena itu, dia optimistis rencana pengoperasian terminal yang mengusung  konsep green building tersebut bisa direalisasikan sekitar tiga bulan ke depan.

Kabar baiknya lagi, terkait rencana pengoperasian pener bangan langsung (direct l ight) Jakarta-Banyuwangi, Yudhi mengaku panjang landasan pacu alias runway Bandara Blimbingsari saat ini sudah memadai. “Landasan pacu sudah memadai. Tinggal kita upayakan  ada airline yang memanfaatkan   bandara tersebut untuk direct light Jakarta-Banyuwangi,” cetusnya. (radar)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :