Teror Tagihan Pinjaman Online Meresahkan

  • Bagikan
CEMAS: Atik Pratiwi menunjukan percakapan kredit pinjaman online yang mengatasnamakan nomor kontaknya di Desa Sembulung, Kecamatan Cluring, kemarin (21/4), Foto : radarbanyuwangi.jawapos.com

Nomor tak dikenal dan menagih kredit pinjaman online, akhir-akhir ini sering dialami masyarakat. Dan itu, sangat meresahkan. Apa lagi yang menerima pesan itu, tidak merasa meminjam uang kepada aplikasi online tersebut.

Itu seperti yang dialami Atik Pratiwi, 39, warga Dusun Krajan, Desa Sembulung, Kecamatan Cluring. Nomor kontaknya tiba-tiba disabotase oleh orang yang tak dikenal dengan melakukan pinjaman secara online di salah satu aplikasi.

Sejak Senin (19/4), nomornya dihubungi oleh seseorang yang mengaku dari perusahaan pinjaman online dan melakukan penagihan. “Saya terus diteror, padahal saya tidak melakukan kredit pinjaman online,” ujarnya.

Tak hanya itu, beberapa rekan dan saudaranya juga diteror dengan dalih menyuruh korban untuk segera membayar utangnya tersebut. Tentu saja, itu membuatnya risih dan merasa tidak nyaman.

“Hampir semua nomor kontak di handpone saya dihubungi oleh orang tak dikenal dan menyuruhnya agar saya melunasi utang,” terangnya.

Ia menduga nomor kontaknya digunakan orang lain untuk melakukan pinjaman online, dan itu tanpa sepengetahuannya. Yang membuatnya geram, orang yang mengaku perusahaan online itu melakukan panggilan terus menerus.

Bahkan melontarkan kata-kata kasar, agar segera melunasi kredit pinjaman online sebelum jatuh tempo. “Orang itu memaki-maki saya hingga membuat pikiran kacau dan sangat tertekan,” katanya.

Atik meminta kepada masyarakat agar lebih waspada dan jangan sekali-kali memberi data diri untuk kepentingan yang tidak jelas.

Sebab, jika disalahgunakan akan sangat merugikan diri sendiri maupun orang terdekat. “Pastinya jika diteror akan membuat pikiran tidak tenang, dan itu menyerang psikologi kita,” tuturnya.

Kapolsek Cluring AKP Bejo Madrias Diantoro mengatakan sering mendapat laporan adanya penagihan pinjaman online seperti itu. Pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dengan modus seperti itu.

Baca :
Lupa Matikan Kompor, Deretan Warung di Kalibaru Manis Dilalap Api

Jika tidak kuat mental, akan terjerumus ke dalam perangkap aplikasi pinjaman online. “Jika ada kejadian seperti itu, sebaiknya jangan ditanggapi,” cetusnya.(kri/abi) (bw/kri/als/JPR)

Sumber : https://radarbanyuwangi.jawapos.com/read/2021/04/24/256504/teror-tagihan-pinjaman-online-meresahkan

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: