Tiga Orang “Suspect” Difteri, Dinkes Banyuwangi Jamin Persediaan Vaksin

0
1787

Penyebaran penyakit ini sendiri sangat mudah. Salah satunya yang membuat potensi penyebaran cukup besar dengan melalui udara. Selain itu, bisa juga melalui cairan tubuh yang dimiliki manusia seperti air liur dan lainnya. ”Potensi paling besar penularannya lewat udara. Terutama bagi yang belum pernah divaksin,” imbuhnya.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja mulai anak-anak hingga dewasa. Meski dalam kasusnya anak-anak pada usia 0 hingga 10 tahun menjadi penderita terbanyak dalam beberapa kasus yang merebak secara nasional saat ini. Sebab, anak-anak dalam perkembangannya, mereka masih dalam tahap tahap menuju kematangan membangun imunitas tubuh.

Untuk pencegahannya, Dinkes menjamin ketersediaan vaksin untuk imunisasi difteri. Saat dibutuhkan vaksinasi kapan pun, Dinkes siap untuk memberikan vaksinasi kepada masyarakat. Selain pemberian vaksin, penyebaran difteri ini bisa juga dicegah dengan membiasakan perilaku hidup bersih.

Biasa cuci tangan, cukup istirahat, makan makanan bergizi, serta menjaga kebersihan lingkungan bisa menekan potensi penularan difteri. Bahkan, lewat kegiatan itu beberapa penyakit lain seperti demam berdarah dan lainnya bisa ditangkal.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2