Tim 11 Kumpulkan Penambang Emas Liar

0
361

Sikapi Pemasangan Police Line


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PESANGGARAN –  Pemasangan police line oleh aparat gabungan Polsek, Petugas Perhutani, dan Koramil Pesanggaran, mulai mengundang reaksi beberapa pihak. Kemarin siang, sekelompok orang yang mengatasnamakan diri sebagai Tim 11 mengumpulkan ratusan penambang ilegal di Petak 59.

Kepada para penambang, Tim 11 minta agar penambang ilegal tidak takut bila ada aparat gabungan naik ke atas gunung untuk melakukan operasi maupun memasang police line. Salah seorang penambang ilegal, Sibong, yang dihubungi wartawan koran ini membenarkan kabar tersebut. “Tadi kami memang dikumpulkan, Mas. Ada sekitar 200 orang yang kumpul,” akunya kepada koran ini.

Hanya saja, lanjut Sibong, tidak semua yang dikumpulkan tersebut sepakat dengan ajakan orang yang mengatasnamakan diri Tim 11 tersebut. “Nggak semua sepakat, Mas. Kalau ada petugas naik, kami ya tetap menyingkir, Mas. Kami sadar  kok salah,” imbuhnya. Kapolsek Pesanggaran, AKP Supriyadi, melalui Kanitbinmas Aiptu Lipur juga membenarkan bahwa kemarin siang memang ada pengumpulan massa oleh orang yang mengatasnamakan diri Tim 11.

Hanya saja, lanjut Lipur, pengumpulan massa tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap para penambang ilegal. “Mereka hanya mengumpulkan penambang yang sedang beraktivitas, tapi penambang tidak mau mengikuti ajakan mereka,” ungkapnya. Polemik penambangan liar di kawasan Tumpang Pitu, Kawasan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Selatan, terus berlanjut.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2