Tingkat Partisipasi Pemilu 2019 di Banyuwangi Capai 75,7 Persen

0
219
Foto: detik

BANYUWANGI – Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Banyuwangi cukup tinggi. Berdasarkan data Posko Pemilu Bakesbang Banyuwangi, partisipasi pemilih mencapai 75,7 persen. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan periode pemilu sebelumnya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Saat Pilpres tahun 2014, partisipasi masyarakat sebesar 71 persen. Sementara untuk pemilu legislatif 2014 sebanyak 68 persen dan pemilu legislatif 2009 sebanyak 60 persen.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengucapkan rasa syukur pemilu di Banyuwangi berlangsung dengan aman dan damai.

“Nyaris tidak ada kendala berarti. Hanya ada satu-dua hal kecil insiden seperti kemarin ada tenda TPS yang ambruk kena hujan. Secara umum sangat baik,” kata Bupati Anas seperti dilansir dari Detikcom, Kamis (18/4/2019).

Bupati Anas juga bersyukur tingkat partisipasi pemilih sangat tinggi. Menurutnya, antusiasme masyarakat itu membuktikan bahwa masyarakat semakin peka terhadap perkembangan politik dan pemerintahan.

“Tidak banyak yang golput. Pelibatan tokoh masyarakat dan sosialisasi di berbagai tempat untuk mengajak warga berpartisipasi membuahkan hasil. Kampanye dengan kedatangan para kandidat di Banyuwangi juga ikut meningkatkan awareness masyarakat terhadap pemilu,” ujar Bupati Anas.

Sementara itu, terkait perolehan suara di Banyuwangi, Bupati Anas meminta semua menunggu penghitungan resmi dari KPU, meski memang saat ini ada tim partai yang juga melakukan rekapitulasi.

“Kita tunggu saja, sabar,” kata Bupati Anas.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Banyuwangi untuk Jokowi-Maruf, Made Cahyana Negara menyebut, berdasarkan rekapitulasi dari saksi-saksi di TPS, Jokowi mendapatkan suara 71 persen.

“Ini penghitungan tim masih jalan. Insya Allah Pak Jokowi dapat 71 persen atau setara lebih dari 709.000 suara. Data sudah masuk dari hampir semua TPS yang jumlah totalnya lebih dari 5.100 TPS. Hari ini kami finalisasi. Tidak akan banyak perubahan,” ujar Made yang juga ketua PDI Perjuangan Banyuwangi.

“Terima kasih kepada seluruh elemen pendukung Jokowi di Banyuwani, mulai dari koalisi parpol hingga berbagai relawan. Dan tentu terima kasih kepada masyarakat yang telah memberi kepercayaan kepada Pak Jokowi serta mewujudkan suasana Pemilu yang kondusif,” pungkasnya.

Loading...

There were no listings found.