Tokoh Lintas Agama Tanam Pohon di Kedayunan

0
270

KABAT – Sejumlah tokoh lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyuwangi menggelar penanaman pohon di ruang terbuka hijau (RTH) Kedayunan, Kecamatan Kabat, kemarin (2/1).  Penanaman pohon itu sebagai wujud  kerukunan dan kebersamaan antar tokoh lintas  agama di Banyuwangi.

“Semoga di awal tahun 2017 ini kerukunan antar umat beragama di  Banyuwangi terjaga dengan baik,” ujar Ketua MUI Banyuwangi, KH. Muhammad Yamin. Selain melakukan penanaman pohon di sekitar RTH Kedayunan, pihaknya juga membagi  ratusan pohon tanaman, seperti pohon jambu,  nangka, sawo, dan manggis kepada para tokoh  lintas agama yang hadir untuk bisa ditanam di  sekitar lokasi tempat ibadah.

Dalam penanaman pohon itu, hadir perwakilan pemuda dan tokoh lintas agama  Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Kong Hu Cu. “Ini menjadi awal tahun  yang menggembirakan dengan penanaman  pohon, sekaligus sebagai implementasi sedekah oksigen di Banyuwangi,” ujar Ketua  PHDI Banyuwangi, Suminto.

Suminto mengaku akan melakukan penanaman pohon di sekitar pura dan tempat ibadah. Dia juga akan menghimbau agar umat Hindu bisa melakukan kegiatan penanaman pohon itu sebagai bentuk  pelestarian lingkungan, menjaga bumi tetap  hijau, dan lebih dari itu juga untuk sedekah  oksigen.

“Kegiatan ini sangat baik, jika setiap  tempat ibadah serempak maka akan sangat luar biasa,” katanya.  Sementara itu, salah satu pengurus forum  pemuda lintas agama bersatu (Formula Satu) Banyuwangi, Untung Hermawan, mengapresiasi kegiatan tersebut.

Dia juga berharap kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan guna menjalin kebersamaan, kerukunan antar  umat beragama di Banyuwangi. “Formula Satu Banyuwangi sebagai wadah persaudaraan  pemuda lintas agama juga akan melaksanakan  kegiatan untuk meningkatkan kebersamaan  dan menjaga kerukunan di tingkatkan pemuda lintas agama,” ungkapnya.(radar)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :