Tonjolkan Ekspresi Menari, Dan Kreativitas

  • Bagikan

Banyuwangi – Persiapan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2015 telah mencapai 90 persen. Kemarin (8/10) 160 peserta yang terdiri dari atas BEC cilik, BEC terbaik tahun 2014, dan peserta BEC 2015, menampilkan kebolehan mereka memeragakan kostum.

Pada saat itu juga panitia yang berada dalam naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi melakukan penilaian terhadap para peserta. Ada lima kretiria penilain para juri pada kegiatan yang dilaksanakan di depan Gelanggng Seni Budaya (Gesibu) Balambangan tersebut, diantaranya kostum, Ekspresi menari, kemampuan menari, penguasaan runway, dan kreativitas peserta.

Para peserta yang hadir pun langsung menampilkan kemampuan terbaik mereka dan penguasaan kustum. Acara yang diawali sekitar pukul 09.00 pagi itu diawali dengan penampilan BEC cilik. Para peserta yang rata-rata berusia setingkat sekolah dasar itu langsung menggebrak dengan kostum yang bertema pendamping kemanten.

Kostum yang digunakan para BEC cilik itu diisi bermacam peralatan rumah tangga, seperti kukusan dan tenong.  Meski tergolong anak-anak, penampilan mereka tidak kalah heboh dengan BEC yang sudah berusia remaja atau dewasa.

Ada peserta yang didampingi dua temannya berperan sebagai  penyembur sembur utik-utik. Ada juga peserta yang menggunakan atraksi asap berwarna- warni seperti dupa yang ada sebelum ritual pernikahan Oseng.  

Kemudian, setelah BEC cilik, dilanjutkan penampilan Best BEC 2014 dan peserta BEC 2015 yang bertema “The Usingnese Royal Wedding”.  Kostum-kostum yang digunakan para peserta baru pun terlihat sudah siap tampil pada 17 Oktober mendatang.  

Mereka menari diiringi grup musik etnik dan moderen yang menyajikan 20 lagu medley, mulai lagu Oseng hingga lagu Barat. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY. Bramuda, melalui Kasi Informasi Budaya dan Wisata Ainur  Rofiq menjelaskan, pelaksanaan BEC kali ini akan lebih memaksimalkan performa penari BEC.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, yang menurut Rofiq, waktu lebih banyak terbuang karena atraksi pembukaan dan penutup, sehingga performa para peserta kurang terlihat. Tahun ini para penonton dapat menyaksikan aksi para penari BEC lebih lama.

“Tahun ini jumlah peserta kita kurangi dari 200 menjadi 160 supaya mereka bisa menampilkan performa lebih lama. Acara BEC tersebut dimulai pukul 12.30. Hari ini kita menilai kesiapan peserta dan nilai tersebut memporsi 60 persen dari total penilaian juri,” kata Rofiq. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: