Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Truk tanpa Sopir Nyelonong Tabrak Hotel

Foto: Jawa Pos

BANYUWANGI – Sebuah truk berukuran besar bernomor polisi BE 9259 CB mendadak meluncur bebas dari tempat parkirnya di Jalan Yos Sudarso, Lingkungan Tanjung, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Rabu (3/5/2020) pagi.

Dilansir dari Radar Banyuwangi – Jawa Pos, truk dengan panjang sekitar 10 meter itu sempat melintang di tengah jalan sebelum akhirnya berhenti setelah menabrak dinding Hotel Mahkota Plengkung.

Kondisi bak truk yang menghalangi salah satu sisi jalan pun sempat mengganggu kelancaran lalu lintas. Petugas kepolisian yang datang langsung melakukan pengaturan lalu lintas sembari menunggu kendaraan penderek.

Mekanik Truk, Syaifullah (37) mengatakan bahwa dirinya tengah berusaha memperbaiki mesin truk ketika kemudian truk berwarna oranye itu tiba-tiba meluncur.

Beruntung saat itu dia bisa menghindar sehingga tidak terlindas atau tertabrak truk, padahal posisinya tepat berada di bawah kabin truk. Namun, karena pagar tempat parkir terbuka, kendaraan pun langsung meluncur bebas ke jalan raya.

“Saya sempat melemparkan batu besar dan kayu, tapi tidak bisa menghadang truk. Jadi langsung meluncur ke jalan. Untungnya tidak ada kendaraan melintas, kebetulan sedang tidak ada muatan juga,” kata Syaifullah.

Pria asal Desa Jambesari, Kecamatan Giri, juga meyakinkan petugas kepolisian di lapangan jika sebelumnya dia sudah memasang pengganjal di ban truk. Tetapi kemungkinan karena saat itu mesin truk dalam kondisi menyala sehingga truk tiba-tiba bisa melaju.

“Solarnya sedikit tersendat, jadi saya pompa mesinnya baru bisa lancar, tapi malah langsung jalan,” imbuhnya.

Sementara itu, teknisi lainnya Wijiono menambahkan, dirinya baru dikabari oleh teknisi dan sopir di parkiran tersebut jika truk berwarna oranye itu meluncur bebas ke jalan.

“Saya ditelepon kalau truknya keluar dari parkiran dan keluar ke jalan. Saya sudah mengira pasti yang oranye karena memang sejak kemarin sedang dalam kondisi tidak bagus, mesinnya masuk angin,” jelasnya.

Sementara KBO Satlantas Polresta Banyuwangi Iptu Dalyono mengatakan, kejadian tersebut terjadi diduga karena sopir kendaraan lupa menarik hand brake truk. Sehingga truk meluncur dari lokasi parkir hingga menghantam tembok hotel.

“Masih kita selidiki bagaimana penyebab kelalaian tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” tandasnya.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE