UMKM Perlu Dukungan Modal

0
159

Dinas Koperasi dan UMKM Gandeng BPR Jatim Sosialisasi Permodalan


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Kesulitan permodalan kerap kali dialami para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sadar akan hal itu, Dinas Koperasi dan UMKM Banyuwangi melaksanakan pendampingan layanan permodalan kepada para pengusaha mikro, kecil, dan menengah tersebut. Kesulitan permodalan itu tergambar dari banyaknya pelaku usaha yang melakukan konsultasi baik di Klinik UMKM keliling yang disediakan Dinas Koperasi dan UMKM.

Tidak hanya itu, tidak sedikit pula para yang sengaja datang ke kantor Dinas Koperasi dan UMKM untuk melakukan konsultasi terkait permodalan. Respons cepat pun langsung dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM. Selasa pekan lalu (16/4), Dinas yang dipimpin Drs. Bambang Sudjarwo, MM, tersebut menyelenggarakan sosialisasi informasi dukungan penyediaan permodalan bagi pelaku usaha UMKM.

Acara yang digelar di Aula Rumah Sakit Islam (RSI) Fatimah itu bertujuan agar pelaku usaha tersebut mendapatkan informasi tentang permodalan. Sehingga dapat mengakses modal yang ada untuk mendukung usaha. Dalam sosialisasi kali ini, Dinas Koperasi dan UMKM bekerja sama dengan Bank UMKM (BPR Jatim) Banyuwangi dan Koperasi Pamulya Banyuwangi. Suyitno, SH, SE, MM dan Gatot Subiyakto dari pihak Bank BPR Jatim, serta Firdaus yang merupakan perwakilan Koperasi Pamulya, didaulat menjadi pemateri dalam sosialisasi tersebut.

Materi yang disajikan kepada para peserta di antaranya manajemen keuangan, jenis-jenis permodalan dan persyaratannya untuk memperoleh modal. Dalam sambutannya, Bambang Sudjarwo menjelaskan pentingnya peran UMKM dalam menyokong pertumbuhan perekonomian Banyuwangi. Menggeliatnya sektor riil di Bumi Blambangan juga tak lepas dari kontribusi UMKM. “Melalui sosialisasi kali ini, kami berharap para pelaku UMKM dapat memanfaatkan informasi permodalan.

Sehingga bisa mengakses modal untuk mendukung usahanya,” ujarnya. Sosialisasi serupa juga sudah diselenggarakan di Aula KUD Tri Karya Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, pada Rabu (10/4) lalu, dengan pemateri dari Bank UMKM/BPR Jatim Banyuwangi dan Manager KUD Tri Karya Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran. Tidak cukup sampai di situ, untuk mendukung sektor usaha mikro hingga menengah, tersebut Dinas Koperasi dan UMKM juga telah memberikan beberapa layanan lain. Di antaranya layanan pemasaran, layanan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan layanan fasilitasi perizinan. (radar)

Loading...