Warga Berebut Tumpeng Raksasa

0
773

SRONO – Ratusan warga Dusun Pekulo, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, memperingati pergantian malam tahun baru Islam 1437 Hijriah, sore kemarin. Warga menggelar ritual arak-arahkan tumpeng. Acara yang diberi nama Gerebeg Tumpeng Suro tersebut dilangsungkan kali keempat di dusun tersebut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tumpeng Grebeg Suro berukuran raksasa itu berisi hasil bumi, di antaranya buah-buahan dan palawija. Selanjutnya, tumpeng itu diarak keliling menyusuri jalan-jalan kampung oleh warga  setempat. Ketua Panitia Grebeg Tumpeng Suro, Andre Subandriyo, 52 mengatakan, kegiatan itu merupakan perwujudan rasa syukur warga dalam rangka menyambut pergantian tahun baru Islam atau Suro dalam kalender Jawa.

Dengan arak-tarakan tumpeng Gerebeg Suro, mereka berharap  di tahun mendatang kampungnya diberi berkah dan rejeki yang melimpah. “Ini wujud syukur kami atas limpahan rejeki se lama setahun ini,” katanya.

Grebeg Tumpeng Suro tersebut maupakan sebuah perwujudan masyarakat Dusun Pekulo yang mayoritas bermata pencaharian hasil bumi yang ada di dusun tersebut di panen untuk di buat tumpeng raksasa dan diperebutkan oleh seluruh pengunjung yang hadir.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2