Warga Kuasai Lahan Sengketa

0
415

GLENMORE – Konl ik perebutan lahan antara Samini dkk melawan Pemerintah Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, masih terus berlanjut. Sabtu kemarin (24/3) sekitar seratus warga Desa Tulungrejo mendatangi lahan seluas kurang-lebih dua hektare di Desa Sumbergondo itu. Sebelumnya, lahan tersebut dikuasai Samini dkk.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Begitu sampai di lokasi, massa yang membawa senjata tajam dan sebuah mesin bajak itu langsung menguasai lahan. Mengetahui hal tersebut, Samini dkk berusaha melakukan perlawanan. Beruntung aparat kepolisian dari Polres Banyuwangi dan Polsek Glenmore segera mengambil langkah, sehingga pertumpahan darah bisa dicegah. “Tapi sekarang lahan sudah kita kuasai dan kemarin (Sabtu, Red) sebagian sempat digarap oleh warga, dan sisanya menunggu perkembangan selanjutnya,” kata Kepala Desa Tulungrejo, Widi Purnomo, saat berkunjung ke kantor Radar Banyuwangi Biro Genteng Sabtu kemarin.

Dalam kunjungan ke Biro Genteng tersebut, kades didampingi Ketua BPD, Alqob
Rifai, dan tokoh masyarakat, Baihozi. Widi menuturkan, pada Sabtu pagi sebenarnya warga datang ke kantor Desa Tulungrejo untuk menanyakan kepada dirinya terkait kebenaran penguasaan lahan oleh Samini dkk. “Mereka maunya tanya; lahan desa dikuasai orang, kok saya diam saja,” tuturnya.

Pertanyaan tersebut disampaikan karena sehari sebelumnya (23/3) delapan warga datang ke lahan sengketa untuk memastikan kebenaran informasi bahwa Samini dkk telah menguasai sawah tersebut. “Nah, delapan orang itu masyarakat umum, bukan empat belas penggadai,” tuturnya .

Sayangnya, lanjut Widi, ketika sampai di lokasi, mereka bertemu Jamil dkk. Jamil adalah anggota LSM Yasra yang selama ini mendampingi Samini dkk. Saat bertemu itu, kedua belah pihak sepakat menemui Widi Purnomo di Kantor Desa Tulungrejo bareng-bareng. Tujuannya, menanyakan bukti bahwa lahan tersebut memang diserahkan Pemkab Banyuwangi kepada Pemdes Tulungrejo.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last