Bupati Anas Rajin Pantau Harga Bahan Pokok

0
344
Bupati Anas berdialog dengan pedagang untuk mengetahui perkembangan harga bawang putih dan bawang merah di Pasar Banyuwangi kemarin.

Bupati Anas Senang Harga Sembako Stabil

BANYUWANGI – Pada awal Ramadan tahun ini, Bupati Abdullah Azwar Anas rajin turun ke sejumlah pasar tradisional untuk mengecek perkembangan harga bahan kebutuhan pokok warga. Hasilnya, Anas mengaku puas karena beberapa harga kebutuhan pokok di Banyuwangi terkendali dengan baik.

Pada hari keempat puasa Ramadan kemarin pagi (30/5), Bupati Anas kembali mengunjungi Pasar Banyuwangi setelah sebelumnya juga mengunjungi kegiatan Gerakan Stabilisasi Pangan (GSP) yang digelar Perum Bulog di tempat yang sama. Pada sore harinya, Anas ganti meluncur ke Pasar Glenmore untuk buka bersama dengan para pedagang.

Saat berada di Pasar Banyuwangi, Anas berdialog langsung dengan sejumlah pedagang untuk mengetahui perkembangan harga-harga kebutuhan pokok. Anas mengaku senang karena awal Ramadan ini harga komoditas pangan masih normal dan cenderung turun.

Loading...

“Alhamdulillah, awal Ramadan harga masih stabil. Sebulan sebelum puasa lalu saya bertemu Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita untuk meminta dukungan stabilisasi harga ini. Pemerintah pusat lakukan intervensi di dukung pemerintah daerah, sekarang kelihatan hasilnya, ” ujar Anas.

Anas menilai sentimen pasar dikelola dengan baik. Presiden Jokowi setiap saat juga telah mengumumkan kebijakan stabilisasi, termasuk menyelesaikan spekulasi dan penimbunan. Sehingga ekspektasi publik terjaga dan hasilnya harga masih stabil.

Selain menjaga ekspektasi pasar, lanjut Anas kebijakan sinergi antara pusat dan daerah yang dilakukan adalah menjaga pasokan agar tidak kekurangan. Dalam sidak tersebut, harga bahan kebutuhan pokok stabil dan cenderung turun.

Misalnya, harga bawang putih, untuk kualitas baik harganya turun dari harga sebelumnya Rp 50 ribu per kilogram kini turun ke angka Rp 45 ribu per kilogram.  Sedangkan bawang merah untuk kualitas baik harganya Rp 26 ribu menjadi Rp 24 ribu per kilogram. Untuk cabai rawit, sebelumnya di kisaran harga Rp 50 ribu turun ke level Rp 40 ribuan per kilogramnya.

“Daging ayam ada kenaikan dari Rp 30 ribu menjadi Rp 32 ribu. Kalau daging sapi tadi masih normal di kisaran Rp 110 ribu per kilogram,” terang Anas.

Meski harga cenderung stabil, Anas minta tim ekonomi Pemkab Banyuwangi tetap fokus mengawal agar tidak ada lonjakan harga yang berarti. Antara lain melalui GSP yang digelar hingga 30 Juni mendatang setiap hari mulai pukul 08.00- 13.00 WIB.

GSP akan dilakukan dengan membuka bazar tetap, dan bazar keliling menggunakan kendaraan khusus. Bazar digelar setiap hari di tiga titik di Kecamatan Banyuwangi serta di tiga gudang Bulog di sejumlah kecamatan.

Sementara bazar keliling, akan digelar di lima titik secara bergantian. Yaitu Pasar Rogojampi, Sempu, Gendoh, Singojumh, dan Genteng. (radar)

loading...