H-8 Lebaran, Pemudik Roda Dua Naik 37 Persen

0
355
Kendaraan roda dua yang keluar dari kapal di Dermaga Ponton ASDP Ketapang, Banyuwangi.

KALIPURO – H minus 8 Lebaran, arus mudik sudah mulai terasa di pelabuhan ASDP Ketapang-Gilimanuk, siang kemarin (18/6). Menurut data produksi angkutan ASDP, arus penumpang didominasi oleh pemudik roda dua dari pelabuhan Gilimanuk yang ingin pulang ke jawa.

Jumlah trip Kapal Motor Penumpang (KMP) yang beroperasi di pelabuhan ASDP Ketapang-Gilimanuk, sebanyak 537 trip. Naik 37 persen dari tahun lalu yang hanya 391 trip. Untuk penumpang KMP, H-8 berjumlah 47.629 orang, naik 15 persen dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 411.256 orang.

Sedangkan pengguna roda dua (R-2) naik 37 persen di tahun ini dengan jumlah kendaraan mencapai 6.746 unit dan untuk tahun lalu hanya berjumlah 4.939 unit. “Peningkatan ini diduga pemudik pulang lebih awal dan bertepatan dengan hari Minggu,” ungkap Manajer Operasional PT. ASDP Ketapang-Gillmanuk, Ardhi Ekapaty.

Lain halnya dengan kendaraan roda empat yang hanya naik 2 persen dari tahun lalu. Tahun ini, jumlah kendaraan sebanyak 7.465 unit, sedangkan tahun lalu berjumlah 7.598 unit. Untuk puncak arus mudik dari Bali menuju Jawa diprediksi pada H-4 atau H-3.

Untuk menghindari antrean panjang, Ardhi menyarankan kepada pengguna jasa agar menghindari mudik pada H-4 dan H-3 atau melakukan mudik lebih awal. “Karena pada hari-hari itu di prediksi menjadi puncak arus mudik Lebaran dari Bali ke Jawa,” tandas Ardhi. (radar)

loading...

Kata kunci yang digunakan :