60 Persen Bus Mulai Beroperasi

  • Bagikan
Foto: Radar Banyuwangi – Jawa Pos

BANYUWANGI – Meski kasus korona belum benar-benar pulih, geliat transportasi bus tampaknya sudah mulai berjalan. Bus-Bus jurusan Madura dan Surabaya mulai memenuhi Terminal Sritanjung.

Dilansir dari Radar Banyuwangi – Jawa Pos, Kepala Terminal Sritanjung Yayan Hasiyanto mengatakan, 60 persen armada bus yang biasa beroperasi di tempatnya sudah mulai berjalan. Di antaranya bus dengan jurusan Surabaya, Madura, Probolinggo, dan Situbondo.

Untuk jurusan Surabaya dan Probolinggo masing-masing ada satu bus. Kemudian jurusan Madura ada enam bus, sedangkan jurusan Jajag-Situbondo ada 9 bus.

“Tinggal 40 persen saja yang belum beroperasi. Kalau dilihat trennya saat pandemi ini sudah bagus. Mulai ada peningkatan,” Kata Yayan.

Terkait aturan penumpang, Yayan mengatakan jika para penumpang bus hanya perlu membawa surat sehat. Dia juga terus mengimbau kepada penumpung agar memenuhi persyaratan tersebut.

“Penumpang kita minta melengkapi dengan surat sehat dari influenza. Kecuali bus jurusan Bali, pasti rapid test. Karena aturan dari Bali seperti itu,” imbuhnya.

Untuk meminimalisasi penularan korona, Yayan mengatakan pihaknya tetap meminta perusahaan bus untuk menjaga jarak penumpang. Kursi berisi dua orang hanya diperbolehkan satu orang. Sedangkan untuk kursi berisi tiga orang diisi dua orang saja.

“Jumlah penumpang juga terus naik. Karena itu kita tetapkan pemeriksaan suhu tubuh dengan ketat juga,” katanya.

Tetapi jika kondisi bus penuh, penumpang yang masih keluarga diperbolehkan menduduki kursi yang kosong. Selain itu, pihaknya juga rutin menyemprot gagang gagang pintu bus yang biasa disentuh dengan disinfektan.

“Rencananya Damri juga akan menambah dua unit bus untuk hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Untuk jurusan Surabaya,” tandasnya.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: