Akhir Pekan, Feri Sepi

  • Bagikan
LENGANG: Dua turis mancanegara berjalan di dermaga Ketapang kemarin.

KALIPURO– Arus penumpang yang menggunakan jasa angkutan penyeberangan di Pelabuhan Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi terpantau cukup lancar pada akhir pekan pertama Ramadan kemarin (29/7). Selain disebabkan cuaca yang bersahabat, lancarnya arus penyeberangan tersebut juga disebabkan minimnya jumlah penumpang.

Bahkan jika dibandingkan hari-hari biasa, jumlah penumpang feri yang melayani rute penyeberangan Jawa-Bali itu malah cenderung lebih sepi kemarin. “Ya, jumlah penumpang hari ini cenderung lebih sepi dari hari normal,” ujar kepala cabang PT Indonesia Ferry Ketapang, Waspada Heruwanto melalui manajer operasional Saharuddin Koto kemarin.

Meski demikian, pada musim angkutan Lebaran tahun ini, jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan penyeberangan di Selat Bali, diprediksi meningkat enam persen dibandingkan tahun 2011 lalu. Namun, puncak arus mudik diprediksi baru akan terjadi pada H minus3 Lebaran. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H plus7 Lebaran.

Nah, agar penumpukan penumpang pada puncak arus mudik dan arus balik tersebut bisa diminimalkan, pihak pengelola pelabuhan mengimbau warga yang akan menggunakan jasa penyeberangan di Selat Bali itu memperkirakan saat-saat sepi penumpang saat hendak mudik ke kampung halamannya.

“Harapan kami, para pengguna jasa tidak datang berbondong-bondong ke pelabuhan agar tidak terjadi penumpukan penumpang. Hendaknya masyarakat bisa memperkirakan saat-saat sepi penu mpang,” imbau Waspada Heruwanto Kamis lalu (26/7).(radar)

Baca :
Bupati Ipuk Apresiasi Suster Katolik Juara Nasional Penyuluh Moderasi Beragama
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: