Asap Mengarah ke Kalibaru

0
947
SIAGA: Asap setinggi 200 meter mengepul di puncak Gunung Raung siang kemarin.
SIAGA: Asap setinggi 200 meter mengepul di puncak Gunung Raung siang kemarin.

SONGGON – Gunung Raung terpantau mengeluarkan asap terus-menerus dalam beberapa hari terakhir. Jika sebelumnya terdeteksi mengarah ke barat laut, yakni ke Sumber Wringin, Bondowoso. Namun, kini asap yang ditimbulkan akibat proses pembakaran magma tersebut mengarah ke Kecamatan Kalibaru Kemarin,.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Gunung dengan ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (dpl) itu mengeluarkan asap setinggi 200 meter. Hasil pengamatan visual, asap cukup tebal mulai ter pantau sejak pukul 04.00 hingga pukul 08.00. Selebihnya, asap ti dak terlihat lantaran tertutup awan.

Loading...

Kepala Pos Pengamatan Gunung Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Balok Suryadi mengatakan, asap tersebut mengarah ke wilayah selatan. ‘’Angin berembus ke selatan, yaitu ke wilayah Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, dan wi layah Garahan di Kabupaten Jember,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin.

Balok menyatakan, sejauh ini gunung terbesar di Pulau Jawa itu terus melakukan proses pembakaran magma. Karena itu, gunung tersebut terus mengeluarkan asap dalam beberapa hari terakhir. ‘’Tetapi, kemarin (Rabu lalu, Red) asap tidak kelihatan karena mendung,” papar pria asal Dusun Krajan, Desa Sragi, Kecamatan Songgon, itu. Dia menambahkan, aktivitas vulkanik gunung yang memiliki kal dera 800 x 1.200 meter itu tidak meningkat.

Hingga kemarin, gempa tremor yang tercatat seismograf rata-rata memiliki amplitude 18 mm. ‘’Status masih tidak berubah dan masih siaga atau level III,’’ jelasnya. Sementara itu, pantauan wartawan koran ini, asap yang mengepul di atas puncak gunung itu mengundang reaksi warga desa setempat. Banyak warga yang keluar rumah untuk melihat aktivitas vulkanik gunung tersebut. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2