Awas Angin Kencang

0
553
TENANG: Mendung menyelimuti langit di atas Selat Bali siang kemarin.
TENANG: Mendung menyelimuti langit di atas Selat Bali siang kemarin.

BANYUWANGI – Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofi sika (BMKG) kembali mengimbau, agar warga mewaspadai kondisi cuaca yang melanda wilayah Banyuwangi akhir-akhir ini. Sebab, hujan deras yang disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di Bumi Blambangan selama beberapa mendatang.

Loading...

Prakirawan Stasiun Meteorologi Banyuwangi, Gigik Nurbaskoro mengatakan, pada satu hingga dua hari ke depan, keadaan cuaca di wilayah Banyuwangi bagian selatan, barat, dan utara diprediksi hujan. Sedangkan cuaca di Banyuwangi bagian timur diprediksi berawan namun juga berpotensi hujan. “Secara umum wilayah Banyuwangi berpotensi hujan,” ujarnya kemarin (26/12).

Jika hujan terjadi akibat pembentukan angin Comulonimbus (Cb), maka peluang terjadinya angin kencang akan semakin besar. “Kecepatan angin bervariasi antara enam kilometer (km) per jam sampai 18 km per jam. Tetapi jika terjadi awan Cb, maka kecepatan angin bisa meningkat drastis,” papar Gigik. Sementara itu, ketinggian gelombang yang paling sering terjadi di perairan Selat Bali berkisar antara 0,3 meter sampai 0,8 meter.

Sedangkan tinggi gelombang maksimum di perairan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali itu mencapai 1,5 meter. Sedangkan ketinggian gelombang di perairan laut selatan Jawa berkisar 0,5 meter sampai 1,5 meter. “Tinggi gelombang di Selat Bali masih aman untuk aktivitas penyeberangan. Kecuali jika ada faktor X, misalnya terjadi badai di Australia dan lain sebagainya. Itu akan berdampak pada ketinggian gelombang di Selat Bali,” jelasnya. (radar)