Awasi Pergerakan Orang Asing

0
432
Mujiantoro
Mujiantoro
Mujiantoro

BANYUWANGI-Pergerakan orang asing di Banyuwangi kini diawasi secara intens oleh tim Pora (pengawas orang asing). Monitoring diarahkan kepada orang asing yang dicurigai melakukan tindakan melanggar hukum. Selanjutnya, hasil pengawasan akan dilaporkan kepada aparat penegak hukum.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kepala Imigrasi Jember yang juga membawahi wilayah Banyuwangi, Mujiantoro, SH, MH menjelaskan, kemarin (18/12) pihaknya melakukan koordinasi dengan para stake holder di Hall Hotel Ketapang Indah. Mereka yang diundang dari jajaran kepolisian, kejaksaan, jajaran instansi terkait, dan para camat. “Kegiatan ini sebagai pijakan awal untuk berkoordinasi dengan tim pora yang dipimpin oleh kepala imigrasi,” terangnya kepada koran ini, kemarin siang. Diakui bahwa posisi Banyuwangi sangat strategis, karena menjadi lintasan pergerakan orang asing.

Loading...

Untuk itu, perlu pengawasan intensif oleh tim pora, sehingga terjadi deteksi dini terhadap kegiatan orang asing yang tidak sesuai undang-undang (UU). Tugas pengawasan itu dilindungi surat keputusan (SK) pembentukan tim pora Kabupaten Banyuwangi yang sudah turun September lalu. “Tentunya kalau kegiatan orang asing yang baik akan bermanfaat, tetapi yang tidak baik harus diawasi secara ketat,” tegasnya. Kegiatan baik yang bermanfaat, seperti kegiatan ekonomi, lanjut dia, tak perlu diawasi secara berlebihan.

Tetapi yang terkait ideologi dan kebudayaan perlu diwaspadai. “Nah, koordinasi bersama hari ini (kemarin, Red) bertujuan menggali petapeta permasalahan untuk dipecahkan bersama,” jelasnya. Jika perlu ada penegakan hukum keimigrasian, imbuh dia, penyelesaiannya tunduk kepada UU No. 6/2011 tentang keimigrasian. Sesuai fungsi pokoknya, jika ada perkara pidana diserahkan kepada kepolisian. “Makanya untuk antisipasi perlu pengawasan, seperti wajib lapor RT 1 x 24 jam,” cetus Mujiantoro. (radar)