Banyuwangi, Jakarta dan Makassar Diusulkan Masuk Jaringan Kota Pintar ASEAN

0
1166


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Banyuwangi – Tiga kota di Indonesia diusulkan masuk dalam jaringan kota pintar ASEAN dalam program kerja sama ASEAN Smart Cities Network (ASCN). Ketiganya yakni Jakarta, Makassar, dan Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, hal ini di sampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi di Singapura Jum’at malam (27/4), saat menggelar konfrensi pers terkait KTT Asean ke 32, yang menurutnya konsep ASCN dirancang untuk mencapai tujuan bersama pembangunan kota pintar dalam jejaring ASEAN.

Dalam pleno KTT ASEAN, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa hal diantaranya bahwa ASEAN merupakan organisasi yang berpusat dan berorientasi pada rakyat, sehingga rakyat harus menjadi focus dalam pembangunan masyarakat ASEAN. Oleh karena itulah, perlu mendorong inovasi untuk memperkuat masyarakat ASEAN di tengah masalah perkotaan yang sangat kompleks, maka ASCN ini dinilai merupakan salah satu jawaban untuk tantangan tersebut.

Loading...

Sementara, konsep kota pintar yang dirancang nantinya tidak sekedar terkait penggunaan teknologi namun juga pola pikir, karakter dan sikap masyarakat. Sehingga harus di pertimbangkan kebutuhan dan potensi masing masing kota, kearifan local, berorientasi pada peningkatan yang baik dan memberikan perhatian pada upaya pemberdayaan masyarakat.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last