Batako Lapas Dipesan Perumahan

0
372

Bangun Show Room dan BLK


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI-Inovasi dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banyuwangi. Sebuah show room sedang dibangun di halaman depan Lapas di Jalan Letkol Istiqlah No. 59 Banyuwangi itu. Show room itu akan digunakan untuk memamerkan semua hasil karya warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kepala Lapas Banyuwangi Krismono mengatakan, semua karya WBP akan dipajang di show room, yang kini tengah dalam penyelesaian itu. Berbagai kerajinan dan hasil kerja WBP bisa dilihat oleh pihak luar. Bahkan bisa dibeli atau dipesan, kata dia, kalau ada pihak yang membutuhkan. “Show room itu menjadi sarana untuk menunjukkan kepada pihak luar bahwa WBP bisa menghasilkan karya yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat di luar Lapas,” terangnya kepada RaBa.

Selain untuk memajang hasil karya, lanjut Krismono, show room itu juga digunakan seb- agai Balai Latihan Kerja (BLK). “Saat ini, pesanan dari luar su- dah mengalir, seperti produksi batako kecil yang dipesan developer perumahan hingga ribuan blok,” ungkapnya. Krismono berharap, pendirian show room itu bisa menjadi sarana komunikasi antara WBP dengan masyarakat luar. Utamanya dalam mensosialisasikan pelatihan yang diberikan kepada WBP.

Di Lapas kini ada banyak pela- tihan kerja, meliputi handicraft, pembuatan paving block, teknik las, pertukangan kayu dan meubeler, elektronika industri, serta bengkel bubut. “Kami juga memberikan pelatihan penge- lolaan dan budidaya ikan koi, perbengkelan mobil dan sepeda motor, seni batik Blambangan, menjahit, tata rias, dan tata boga,” sebutnya. (radar)