Berebut Hasil Bumi di Akhir Bulan Suro

0
2033

puluhan-warga-menggelar-doa-bersama-di-lapangan-desa-tampo-kecamatan-cluring-banyuwangi-sebelum-memperebutkan-tumpeng-raksasa-pada-kamis-lalu


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

CLURING – Pada akhir bulan Suro, ratusan warga Desa Tampo, Kecamatan Cluring, menggelar ritual sedekah desa dengan kirab tumpeng agung. Tumpeng berukuran raksasa yang memuat hasil  pertanian itu, dikirab keliling kampung dan diperebutkan warga  di tengah lapangan desa setempat.

Kirab tumpeng agung itu tradisi yang dilakukan warga Desa Tampo,  itu sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang dilimpahkan Allah berupa hasil bumi dan hasil pertanian yang melimpah dalam   kurun waktu setahun terakhir. Tumpeng berukuran raksasa itu, dibuat warga secara gotong-royong.

Hasil bumi yang diletakkan pada  tumpeng dengan tinggi dua meter itu merupakan hasil bumi dan pertanian, mulai dari buah-buahan, seperti jeruk, buah naga, jambu kristal, kacang panjang, sayur  mayur, timun, tomat, terong, lombok, jagung, wortel, dan berbagai hasil pertanian lainnya.

Tidak hanya tumpeng berisi buah dan hasil pertanian. Dalam tradisi itu juga ada satu tumpeng beras kuning berukuran jumbo. Tumpeng  itu dihias dengan aneka jenis lauk  pauk, mulai dari ayam, bebek, ikan lele, tempe, tahu, telur, dan  berbagai jenis lauk pauk lainnya.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last