Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Berpotensi Hujan sampai Hari Sabtu

berpotensiBANYUWANGI – Meski saat ini sudah memasuki musim kemarau, tapi hujan deras yang disertai petir dan angin kencang masih kerap melanda wilayah Banyuwangi. Bahkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mem prediksi, hujan deras yang di sertai petir dan angin kencang masih berpeluang terjadi hingga Sabtu mendatang (18/5). Prakirawan Stasiun Meteorologi Banyuwangi, Anjar Triyono Hadi, mengimbau masyarakat was pa da terhadap fenomena alam ter sebut.

Dikatakan, intensitas hujan yang terjadi di wilayah Bumi Blambangan ringan sampai sedang. Hujan berpeluang turun hingga Sabtu mendatang, tepatnya pada siang hingga malam. Anjar mengimbau masyarakat was pada jika cuaca di pagi hari cerah dan sekitar pukul 10.00 mulai muncul awan comulusnimbus Terlebih, apabila awan yang memiliki ciri-ciri menyerupai bunga kol berwarna putih itu berubah warna menjadi abuabu.

“Awan yang bentuknya menyerupai kol berwarna abu-abu itu adalah awan cumulonimbus (Cb). Awan Cb bisa memicu hujan lebat disertai petir dan angin kencang,” ujarnya kemarin (15/5). Menurut Anjar, akhir-akhir ini kecepatan angin di wilayah Banyuwangi cenderung lebih tinggi dibandingkan kondisi normal. Kecepatan maksimum angin tersebut mampu mencapai 30 Kilometer (Km) per jam.

Kecepatan angin yang cenderung tinggi tersebut akan ber dampak pada ketinggian gelombang, baik di Selat Bali maupun di Pantai Selatan Banyuwangi. “Ketinggian gelombang maksimum di Selat Bali mencapai 1,3 meter, sedangkan di perairan Selatan Banyuwangi mencapai 2 meter,” paparnya. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anjar mengimbau nelayan menunda aktivitas melaut jika terjadi angin kencang. “Warga yang di pekarangan rumahnya ter dapat pohon yang daunnya terlalu lebat, kami sarankan di pangkas,” pungkasnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE