Berpuasa Bagi Ibu Menyusui, Mengapa Tidak?

0
347

Alhamdulillah, bulan Ramadan tahun ini sedang kita jalani. Bulan yang penuh pahala bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan setiap muslim yang telah baligh adalah berpuasa. Tanpa peduli apakah dia seorang laki-laki atau perempuan, tua ataupun muda, miskin ataupun kaya, dan sehat wal afiat tanpa terkecuali.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Nah, bagaimana dengan ibu yang sedang menyusui? Apakah diperbolehkan atau tidak untuk berpuasa? Menyusui merupakan kewajiban seorang ibu kepada anaknya. Karena lewat itu anak akan mendapatkan segala kebutuhan nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan, perkembangan, dan kebutuhannya.

Menurut pandangan agama, menyusui juga merupakan kegiatan ibadah bagi ibu terutama pada enam bulan pertama karena pada masa tersebut pemberian makanan lain selain ASI tidak dianjurkan. Sehingga khusus dalam masa ASI eksklusif, ibu dianjurkan untuk menunda puasanya atau tidak berpuasa.

Hal tersebut dikarenakan saat-saat itu ASI adalah satu-satunya sumber nutrisi bayi dan sangat tidak dianjurkan untuk pemberian makanan lain selain ASI pada bayi. Bagi yang menyusui di atas enam bulan, diperbolehkan untuk puasa. Pada keadaan sedang berpuasa, seorang ibu tetap wajib untuk memberikan ASI.

Meskipun ibu tidak makan selama kurang lebih 14 jam, komposisi ASI tidak berubah atau berkurang kualitasnya dibandingkan saat tidak berpuasa. Itu terjadi karena tubuh akan melakukan mekanisme kompensasi dengan mengambil cadangan zat gizi lain seperti lemak, protein, vitamin dan mineral yang sebelumnya disimpan tubuh.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Misterius, Remaja Asal Kabat Ini Babak Belur Dihajar Makhluk Gaib