Bina SDM Birokrat, Lanjutkan Kerja Sama ESQ

0
171

binaJAKARTA – Perbaikan kinerja birokrasi di lingkungan Pemkab Banyuwangi terus berlanjut. Selain membekali sumber daya manusia (SDM) aparat dengan berbagai keahlian, Bupati Abdullah Azwar Anas juga mengasah mentalitas birokrat secara rutin dan berkelanjutan. Untuk menata SDM aparat pemerintahan, Bupati Anas menggandeng ESQ Leadership Center, Jakarta. Melalui kerja sama itu, pemerintah daerah telah menggelar sejumlah pelatihan pengembangan karakter bagi para pejabat dan pendidik.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pelatihan telah digelar sejak dua tahun lalu. Pertama-tama, pelatihan itu diikuti pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berada di eselon II. Tahap berikutnya, pelatihan yang sama diikuti pejabat eselon di bawahnya, serta para kepala desa dan guru. Tahun 2013 ini, Pemkab Banyuwangi kembali menandatangani MoU dengan ESQ Leadership Center untuk mengadakan pelatihan lanjutan. Nota kesepahaman itu telah diteken Bupati Anas dengan Presiden Direktur ESQ Leadership Center, Dr (HC) Ary Ginanjar Agustian, Sabtu (6/4) di Menara 165, Jakarta.

Penandatanganan MoU ini dilakukan di sela-sela Training Total Action (TTA), yang diikuti 400 peserta dari berbagai unsur antara lain Bupati/ Walikota, DPRD, TNI/Polri, BUMN dan beberapa alumni ESQ dari negara Malaysia, Singapura dan negara Eropa. Bupati Anas merupakan salah satu peserta TTA. “MoU ini sudah yang ketiga kalinya, tujuannya untuk membina SDM Banyuwangi lebih kompetitif dan berani bersaing,” katanya. Pelatihan ini dimaksudkan sebagai ikhtiar untuk meningkatkan SDM birokrasi dengan target peningkatan pelayanan publik.

“Sejak awal menjabat sebagai bupati, saya sadar ada persoalan di birokrasi yang harus disinergikan, motivasinya dibangkitkan, dan berbagai masalah harus diurai,” katanya. ESQ telah mengurai permasalahan yang ada di pemerintahan daerah Banyuwangi. Karena itu, kerja sama dengan ESQ perlu dilanjutkan untuk membina SDM pemerintah daerah agar lebih baik dan cakap memberikan pelayanan cepat kepada rakyat. Kepala Badan Kepegawaian Diklat (BKD) Sih Wahyudi, menambahkan, MoU kali ini merupakan kesepakatan lanjutan antara pemkab dengan ESQ Leadership Center dalam rangka pembinaan karakter SDM di lingkungan pejabat pemkab.

Dalam MoU ini, ada empat tingkatan. Pertama, ESQ Basic Reguler yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Kedua, ESQ mission statement and caracter building  (MCB) yang akan di laksanakan pada Mei hingga Juni 2013 ini. Tujuan untuk memantapkan kinerja pemerintah daerah agar lebih sepenuh hati sesuai dengan visi dan misi Bupati Anas. Ketiga, ESQ self control and collaboration (SCC) dan ke empat ESQ total action. “Program ini merupakan training lanjutan hingga 2015 mendatang,” terang Sih Wahyudi.  (radar)

Loading...