BMKG: Musim Peralihan Waspadai Angin Kencang

0
368

musim-peralihan-waspadai-angin-kencang


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

WILAYAH Banyuwangi dan sekitarnya sudah memasuki musim peralihan dari kemarau ke musim hujan. Saat musim peralihan seperti sekarang, cuaca buruk masih berpotensi terjadi. Hujan lebat disertai angin kencang bisa saja terjadi saat musim peralihan seperti saat ini.

Prakirawan Badan Meteorologi  Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, Anjar Triono Hadi, mengatakan musim peralihan masih akan terus berlangsung sampai November. Potensi hujan akan terus terjadi setiap hari, terutama pada sore hingga malam.

Loading...

”Pagi hingga siang cerah berawan, memasuki sore sampai malam bisa terjadi hujan. Itu merata di Banyuwangi, tapi intensitasnya berbeda-beda,”  kata Anjar.  Intensitas hujan berbeda karena hal itu tergantung topografi  daerah. Intensitas hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di wilayah Banyuwangi tengah, seperti Kecamatan Genteng, Glenmore, dan Temuguruh,   karena wilayah itu sangat tinggi.

Sementara itu, wilayah Banyuwangi barat, timur, selatan, dan utara, juga diprediksi diguyur hujan setiap hari. Namun, inten- sitas hujan yang terjadi ringan hingga sedang. ”Di musim  peralihan kondisi cuaca mudah   berubah-ubah. Diprediksi akan terus berlangsung sampai  November. Waspadai banjir,”  tambahnya.

Selain waspada banjir, BMKG juga mengimbau masyarakat mewaspadai angin kencang. Terlebih saat ini satelit BMKG mengidentifikasi adanya pusaran tekanan rendah di barat daya Pulau Jawa. Pusaran tekanan  rendah itu menyebabkan peningkatan kecepatan angin di perairan dan daratan.

”Angin bergerak  dari tekanan tinggi menuju tekanan rendah, yakni dari arah  timur laut menuju arah barat daya Pulau Jawa,” tandasnya.  (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :