BNPB Segera Kirim Logistik Tambahan

0
95

SEMENTARA itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menambah logistik kepada Pemkab Banyuwangi. Bantuan itu diberikan untuk mengantisipasi sekaligus persiapan jika sewaktu-waktu Gunung Raung meletus. Bantuan logistik tersebut akan didistribusikan dalam beberapa hari ke depan. Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, sesaat setelah turun dari pesawat di Bandara Blimbingsari, Kecamatan Rogojampi, kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

‘’Kita berikan bantuan logistik kepada BPBD Banyuwangi pekan ini,’’ katanya. Dia menyebut, logistik yang segera diberikan, antara lain alat komunikasi, selimut, dan makanan siap saji. ‘’Perahu karet juga akan kita berikan,” imbuh Sutopo didampingi kepala BPBD Banyuwangi, Wiyono. Usai berbincang-bincang dengan Wiyono, Sutopo mengaku alokasi anggaran untuk BPBD masih minim. Dari total APBD 2013 senilai Rp 1 triliun lebih, anggaran untuk BPBD kurang dari 1 persen.

Loading...

‘’Kalau hanya 2,5 miliar sangat kurang. Minimal satu persen dari APBD,’’ ungkapnya. Dengan anggaran sejumlah itu, lanjut dia, tugas BPBD kurang optimal. Apalagi, dana yang minim itu juga digunakan sebagai gaji pegawai. ‘’Perlu ditambah anggaran agar kinerja maksimal,’’ usul Wiyono. Mengenai aktivitas Gunung Raung, Sutopo mengaku BNPB terus monitor perkembangan gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (dpl) itu.

Selain itu, pihaknya juga intens menjalin komunikasi dengan Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) Bandung. ‘’Pokoknya kita terus koordinasi,” jelasnya.  Kepala BPBD Banyuwangi, Wiyono, kembali menegaskan bahwa anggaran untuk bencana minim. Sebab, dana senilai Rp 2,5 miliar itu juga digunakan menggaji 24 pegawai. “Mungkin karena BPBD masih baru,” ujarnya. (radar)

Loading...