BSTF Dapat Bantuan Alat Canggih

0
75
Foto: Radar Banyuwangi – Jawa Pos

BANYUWANGI – Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) mendapat bantuan alat Data Logger dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

Dilansir dari Radar Banyuwangi – Jawa Pos, alat canggih itu diserahkan langsung Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo kepada Pembina BSTF Wiyanto Haditanojo di Pantai Bangsring Kamis sore lalu (9/7/2020).

Pembina BSTF Wiyanto mengaku senang bisa mendapat bantuan alat Data Logger. Sebab alat tersebut dapat mengukur berbagai kondisi di sarang penetasan konservasi penyu.

Yang diukur mulai dari suhu dalam pasir di tempat penetasan, kelembapan udara, kadar potensial Hidrogen (pH), dan berbagai elemen pengukuran lainnya.

“Sehingga dapat diketahui kondisi ideal dari tempat atau sarang penetasan semialami tersebut. Selanjutnya, data tersebut nanti bisa bermanfaat bagi semua pegiat konservasi penyu di Indonesia,” jelas Wiyanto.

Bantuan Data Logger itu, jelas dia, bermula dari komunikasi intens antara BSTF dengan Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar. BPSPL merupakan badan di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang mengurusi berbagai satwa laut yang dilindungi.

“Dari komunikasi BPSPL Denpasar itu, kami jelaskan pentingnya penggunaan alat Data Logger itu untuk kepentingan konservasi secara nasional,” pungkasnya.

Baca :
Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Pos Kamling, Keadaan Meninggal Posisi Tidur Miring ke Kanan