Dua Ekor Penyu Dilepas ke Laut Setelah Opname Tiga Bulan

0
730

Dua-Ekor-Penyu-Dilepas-ke-Laut-Setelah-Opname-Tiga-Bulan-di-Pantai-Cacalan-Banyuwangi


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIPURO – Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah V Jawa Timur bersama para relawan Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) melepas dua ekor penyu di Pantai Cacalan, Kecamatan Kalipuro, sore kemarin (3/8).

Penyu sisik dan penyu hijau itu sempat dirawat dan “opname” selama tiga bulan di bawah pengawasan BSTF dan BBKSDA. Sebelumnya, satwa dilindungi itu ditemukan tersangkut jaring nelayan di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, pada 25 April 2016 lalu.

Loading...

Saat ditemukan nelayan, kondisi kedua penyu tersebut sangat mengenaskan. Badannya sudah lemas dan nyaris tidak mampu menggerakkan anggota badan. Setelah menjalani perawatan intensif selama tiga bulan, kondisi dua ekor penyu itu semakin membaik. Tubuhnya kembali berisi dan gerakannya lumayan lincah.

‘’Kemungkinan ada masalah dengan usus penyu sisik yang berumur  sekitar dua tahun itu. Bulan lalu saya lihat kotorannya ada  semacam tali plastik. Mungkin itu yang menyebabkan sakitnya parah,” jelas Pendiri BSTF, Wiyanto Haditanojo kemarin.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2