Bupati Ajak Umat Hindu Kompak dan Promosikan Wisata Banyuwangi

0
703

bupatiSetelah bersilaturahmi dengan warga Muhammadiyah, Kamis (10/1) Bupati Abdullah Azwar Anas melakukan kegiatan serupa dengan umat Hindu Banyuwangi. Silaturahmi berlangsung di Pura Giri Purwa Wasesa, Kecamatan Purwoharjo.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

————————————-
SILATURAHMI itu diikuti ribuan umat Hindu Banyuwangi. Padasaat Bupati Anas datang, umat Hindu sedang merayakan upacara Siwaratri. Upacara Siwaratri merupakan hari penghapusan dosa bagi umat Hindu, yang dilakukan setiap tahun sekali, tepatnya bulan ke tujuh kalender Bali dan saat bulan mati. Meski acara sempat diguyur hujan deras, namun tidak menyurutkan antusias ribuan umat Hindu untuk mengikuti doa bersama.

Warga Hindu telah berada ditempat ibadah mulai pagi hingga acara selesai sekitar pukul 15.00 WIB. Ritual upacara Siwaratri dipimpin Pedande Ida Bapa Pandita dari Dusun Curah Pecak, Purwoharjo. Pembacaan doa oleh Ida Bapa Pandita itu dilakukan selama sehari semalam dan ditutup dengan upacara Siwaratri. Upacara Siwaratri itu berlangsung cukup istimewa. Sebab, Bupati Anas hadir di tengah-tengah ribuan warga ummat Hindu. Kedatangan Bupati Anas mendapat sambutan luar bisa dari ummat Hindu.

Loading...

Dalam acara itu, Bupati Anas tidak hanya sekadar hadir namun ikut berdoa bersama dengan para tokoh agama. Kepada ribuan umat Hindu tersebut, Bupati Anas sempat menitipkan pesan kepada para tokoh agama dan para orang tua untuk ikut menjaga pendidikan moral putra-putrinya “Pendidikan moral itu bukan hanya urusan guru di sekolah atau urusan pemerintah saja. Pendidikan moral generasi muda menjadi tanggung jawab kita bersama,” kata Bupati Anas di tengah-tengah ribuan umat Hindu. Selain itu, Bupati Anas juga mengajak ummat Hindu untuk menjaga putra-putri dan kelurganya dari ancaman serangan virus HIV/AIDS.

Penyebaran virus HIV/AIDS di Banyuwangi, saat ini cukup mengkhawatirkan. “Ayo jaga keluarga kita dari ancaman virus HIV/AIDS dengan cara meningkatkan ketakwaan kepada tuhan yang Maha Esa,” ajak Bupati Anas. Bupati Anas juga berharap Umat Hindu di Banyuwangi bisa meniru Umat Hindu di tinggal Bali. Salah satunya, aktif mempromosikan pariwisata Banyuwangi. Kata Bupati Anas, pariwisata Banyuwangi tidak kalah dengan Bali. Hanya saja, rahasianya karena warga bali bisa menerima wisatawan dengan ramah.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2