Cleaning Service Sikat 26 Motor di Banyuwangi

0
303

mohamad-ali-dan-tiga-penadah-curanmor-dirilis-di-hadapan-wartawan-media-cetak-dan-elektronik-di-mapolres-ba-nyuwangi-kemarin


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Berangkat Kerja Naik Kereta, Pulang Bawa Motor Curian

BANYUWANGI – Petualangan Muhamad Ali, 48, menggasak puluhan sepeda motor berakhir di ujung pistol polisi, kemarin.  Pria asal, Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore itu ditembak kakinya karena terlibat serangkain aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Sedikitnya ada 26 TKP (tempat kejadian perkara) pencurian yang di lakoni Ali. Dari 26 TKP itu, polisi mengamankan 18 sepeda motor berbagai merek. Selain melumpuhkan Ali, tim Resmob Polres Banyuwangi juga meringkus tiga penadahnya.

Mereka adalah Mohamad Imam, 34, warga Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore; Faruq Asari, 30, warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore; dan Surariyanto, 33, warga Desa Genteng  Kulon, Kecamatan Genteng. Dari 18 sepeda motor yang diamankan, diantaranya telah dijual oleh pelaku dalam bentuk  suku cadang. Dari belasan unit sepeda motor yang disita tersebut juga menggunakan nomor polisi  palsu.

“TKP curanmor banyak dilakukan di Pelabuhan Ketapang dan kawasan Kecamatan Kalipuro. Hasil curannor terakhir di jual kepada seorang penadah  yang tinggal di Dusun Wadung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore. Motor tersebut dijual   Rp 1,3 juta,” ungkap Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto  saat merilis tiga tersangka, kemarin.

Dalam menjalankan aksinya, Ali hanya berbekal kunci palsu dan kunci T yang telah disiapkan dari rumah. Pengungkapan sindikat curanmor Ali ini merupakan yang terbesar di Jawa Timur karena satu pelaku beraksi di 26 TKP dengan  jumlah barang bukti yang ditemukan  berjumlah belasan unit.

Loading...

Sebelum dibekuk Unit Resmob, Ali terakhir kali beraksi tanggal 19 Juli 2016 pukul 02.00. Sasaran pencurian di area parkir Pelabuhan LCM Ketapang. Sehari-harinya dia bekerja sebagai petugas kebersihan di Kapal Motor Penumpang (KMP) Tri Sakti yang  melayani rute Pelabuhan Ketapang- Gilimanuk.

“Aksinya akhirnya berhasil kita endus. Ada  26 TKP yang dijalani tersangka bersama komplotannya. Aksi kejahatan itu dilakukan dalam  kurun waktu dua tahun (mulai   2014 sampai 2016),’’ ungkap Budi Mulyanto didampingi Kasat reskrim AKP Dewa Putu Prima yogantara Parsana.

Ali, Mohamad Imam, Faruq Asari, dan Surariyanto kini dijebloskan ke ruang tahanan Mapolres Banyuwangi. Kapolres menyebut  empat tersangka ini merupakan sindikat curanmor kelas kakap.  “Ruang gerak tersangka begitu leluasa karena ditopang pekerjaannya selaku petugas kebersihan KMP Tri Sakti,” tegas Budi Mulyanto.

Ali memang tergolong pencuri berdarah dingin. Sejak tahun 2014 menjalankan aksinya, dia sudah berhasil menggondol 26 unit sepeda motor. Targetnya adalah parkiran ASDP Ketapang  dan Pelabuhan LCM. Saking banyaknya motor yang dicuri, Ali mengaku lupa jenis motornya.

Cara mengambil motor korbannya, dia tergolong licin. Termasuk saat membangun alibi bahwa dirinya “orang bersih”. Jarak rumah Ali dan lokasi pekerjaannya di Pelabuhan LCM cukup jauh. Dari Glenmore ke Ketapang  dia naik kereta api. Pulangnya  dia bisa naik kereta api lagi atau naik sepeda motor kejahatannya.

Untuk mengambil motor korban, Ali rupanya cukup lihai. Ada dua modus yang digunakannya dalam beraksi. Pertama  merusak kunci motor dengan  kunci T. Kedua, dia meminjam  motor korban kemudian menggandakan kuncinya. Cara kedua  inilah yang membuat Ali dikenal  licin dan berdarah dingin dalam  mengeksekusi calon korbannya.

“Motor hasil kejahatan itu selanjutnya diserahkan kepada salah satu penadah,’’ ungkap salah seorang anggota Resmob. Untuk keperluan penyidikan, kunci palsu berhasil diamankan polisi. Selain itu, polisi juga mengamankan 18 sepeda motor  sebagai barang bukti. Sedangkan sisanya masih dalam pengusutan petugas.

“Kami masih melacak  barang bukti hasil kejahatan pelaku,” ujar Kapolres Budi Mulyanto. (radar)

Loading...

Baca Juga :